Minggu, 28 Januari 2018

Cara Aman Dan Nyaman Mudik Bersama

Cara Aman Dan Nyaman Mudik Bersama Keluarga. Mungkin Hari libur panjang atau hari raya sudah tiba. tentu kita sudah harus mempersiapkan keperluan untuk menyambut hari besar ini. termasuk mudik bersama keluarga besar Agar mudik terasa nyaman aman dan menynangkan beberapa tips berikut dapat anda coba. Simak ulasannya berikut ini.


Perencanaan

Tentu sebelum berpegian kita harus terlebih dahulu menyipkan beberapa hal yang penting harus dipersiapkan agar nantinya kita dapat berpergian dengan nyaman berikut beberapa perencanaan yangharus dipersiapkan.


  1. mudik bersama memerlukan perencanaan yang matang. Untuk itu tanyakan kepada keluarga besar Kapan waktu yang pas untuk mudik. Usahakan anda dan keluarga besar melakukan rapat kecil terlebih dahulu. Ingat mudik bersama tak pernah terlaksana tanpa perencanaan matang.
  2. setelah menentukan waktu yang pas untuk mudik, hal ini untuk mempermudah menyewa kendaraan. Misalnya jumlah yang ikut cukup banyak. Berarti anda bisa menyewa bus dengan kapasitas yang cukup besar.
  3. mudik bersama memerlukan biaya yang cukup tinggi.untuk itu keuangan harus direncanakan secara matang. Misalnya bila membutuhkan konsumsi selama di perjalanan jangan sungkan-sungkan meminta anggota keluarga lainnya untuk menyumbang uang. Bilang biaya dibebankan kepada salah satu anggota keluarga masalah baru pasti akan muncul. Tentu anda tidak mau bukan menyimpan masalah di kemudian hari. Jadi lebih baik katakan terus terang.
  4. bila saya tempuh perjalanan ke kampung halaman kuku panjang dan memakan waktu lama pastikan anda mengajak keluarga besar untuk beristirahat atau menginap. Ingat j angan memakai sopir  untuk terus membawa kendaraan berjam-jam.bila mengantuk bisa fatal akibatnya.
  5. tunjuk salah satu anggota keluarga yang paham akan jalan menuju ke kampung halaman. Tujuannya agar anda dan anggota keluarga lain tidak kesulitan ketika akan beristirahat dan Mencari masjid toilet hingga pom bensin.
  6. ketika akan meninggalkan rumah pastikan bahwa tempat tinggal Anda sudah dititipkan kepada tetangga atau teman yang tidak mudik. Dengan demikian bila terjadi sesuatu Anda akan cepat dihubungi. Dengan demikian bila terjadi sesuatu Anda akan cepat dihubungi
  7. sebelum berangkat mudik ajaklah anggota keluarga untuk membeli oleh-oleh yang bisa dibawa ke kampung halaman.Tak usah mahal-mahal, yang penting anda membawa sesuatu ke kampung. Saudara-saudara anda di kampung pasti akan senang.
Saat mudik

  • Meski Tengah menjalankan ibadah puasa Anda harus membawa camilan selama di perjalanan.Hal ini mengantisipasi bila anda dan keluarga harus buka puasa di mobil.
  • Selama di perjalanan pastikan anda dan rombongan lainnya tetep berkomunikasi. Komunikasi ini berguna agar rombongan yang satu tidak tertinggal dari rombongan lainnya. Dari beberapa kasus mudik bersama acap terjadi rombongan Tertinggal. Akibatnya Manda dan keluarga akan memakan waktu yang lama di perjalanan.
  • jangan memasukkan semua baju kedalam koper. Pisahkan baju pengganti selamat di perjalanan plus handuk kecil yang bisa anda pakai untuk mandi dan membasuh muka.
  • bila membawa anak kecil pastikan mainan kesayangannya tidak tertinggal. Mainan ini bisa mengusir kebosanan anak selama di perjalanan.
  • jangan lupa membawa barang-barang yang bermanfaat selama di perjalanan. Misalnya buku atau CD musik. Perjalanan yang jauh tersebut tidak akan terasa lama.
  • Jangan membawa perhiasan atau benda-benda berharga yang Kemungkinan tidak akan dipakai. Misalnya kalung emas perhiasan dan masih banyak lagi. Tak dapat dipungkiri mudik menjadi ajang pamer oleh sebagian orang. Seseorang akan dibilang sukses saat mengenakan benda-benda yang berharga mahal di depan saudara-saudara. Tapi demi keselamatan di perjalanan dari ajang pamer ini.
  • selama di kampung halaman Anda harus terus berkomunikasi dengan tetangga di rumah anda.Tanyakan kondisi rumah anda.Teruslah berkomunikasi agar anda bisa mengontrol kondisi rumah.
  • lakukan cek dan Ricek sebelum anda meninggalkan kampung halaman. Pastikan Tidak ada barang yang tertinggal satupun.
  • sepulangnya anda dari kampung halaman jangan lupa membeli oleh-oleh untuk para Tetangga. Terlebih jika tetangga itu telah membantu Anda menjaga dan mengawasi rumah selama anda pergi.
Bila membawa balita
  • lihatkan perlengkapan bayi seperti tempat minum tempat makan popok pakaian dan lain-lain. Jangan ada satupun yang tertinggal.
  • jangan lupa membawa perlengkapan obat-obatan untuk keperluan balita Anda selama di jalan.
  • Buatlah kendaraan senyaman mungkin. Balita memerlukan ruang gerak yang cukup selama di kendaraan. Untuk itu pastikan kursi khusus tersedia untuk nya di dalam mobil.
  • alasi kursi mobil yang dipakai untuk menidurkan balita agar urine dan kotoran lainnya bisa dengan mudah dibersihkan.
  • bawa kain bersih dan handuk kecil dengan jumlah yang cukup banyak. Kain bersih berguna untuk mengganti alas bayi sedangkan handuk kecil untuk menikah badannya dari keringat.
  • bawalah plastik untuk menyimpan pakaian pakaian kotor balita. Plastik juga bisa digunakan sebagai tempat sampah sementara. 
  • usahakan mobil yang anda tumpang berhenti setiap 2 jam dan bawalah balita keluar dari mobil. Hal ini dimaksudkan agar si balita Tak bosan dan bisa meregangkan otot-otot nya.
  • jangan sekali-kali meninggalkan balita di dalam mobil walaupun hanya sebentar. Awasi balik Anda selama di perjalanan. Jangan lengah sedikit pun. Selamat mudik.


EmoticonEmoticon