Minggu, 28 Januari 2018

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat. Bentuknya memang kecil tapi bisa membuat wajah terlihat kusam. Bagaimana cara menghilangkan dan mencegah komedo muncul?
Komedo merupakan kotoran yang menyumbat pori wajah. Terlihat seperti bintik-bintik kasar hitam atau putih yang berada di permukaan kulit. Biasanya komedo muncul di area t (dahi hidung dari Dagu) pada wajah juga dibawah mata dan pipi. Secara estetika komedo akan membuat wajah terlihat tidak cerah. Jika dibiarkan dalam waktu lama komedo bisa menjadi jerawat. Komedo adalah pengumpulan cairan sebum (cairan berminyak yang terdiri dari lemak) yang bercampur dengan sel-sel kulit mati kemudian terhambat oleh folikel folikel rambut pada wajah. Setiap orang beresiko memiliki komedo. Umumnya komedo muncul saat usia pubertas. Berikut ulasan lengkap seputar komedo.


Penyebab timbulnya komedo pada wajah

Komedo bisa timbul dari berbagai faktor antara lain sebagai berikut:
  • Kelenjar minyak berlebih. Over produktivitas dari kelenjat sebaseum. Kelenjar  sebaseum inilah yang menghasilkan sabum. Jika kelenjar sebaseum berlebih kulit akan mengeluarkan minyak berlebih. Cairan minyak yang menyumbat pada folikel rambut bisa membentuk komedo.
  • Wajah kotor. Wajah yang tidak bersih juga menjadi penyebab munculnya komedo. Jika wajah kotor kulit akan menjadi lembab sehingga menyebabkan timbulnya minyak. Timbulnya minyak
  • Polusi. Kelembaban udara terutama udara yang panas dapat mempengaruhi keadaan kulit dan merangsang kelenjar minyak kulit menjadi lebih aktif sehingga bisa merangsang munculnya komedo pada wajah yang dinamakan komedo.
  • Pemakaian kosmetik berlebihan. Pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit serta pemakaian kosmetik yang terlalu tebal pada wajah dapat membuat pori-pori tertutup sehingga menghambat keluarnya kelenjar minyak pada wajah.
  • Faktor hormonal seperti pada masa puber dan saat menstruasi suka mempengaruhi munculnya komedo.
Jenis-jenis komedo

Ada dua jenis komedo yang dihasilkan oleh kelenjar sebaseum  pada wajah yaitu:

Komedo hitam

Komedo hitam (Blackhead) atau komedo terbuka: jenis komedo berwarna hitam yang muncul di permukaan kulit wajah. Komedo ini tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Warna hitam pada komedo karena teroksidasi oleh udara.

Komedo putih

Komedo putih (whitehead) atau komedo tertutup: komedo yang berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak tampak seperti benjolan kecil kecil di bawah kulit. Secara kasatmata komedo putih tidak terlalu tampak. Hal inilah yang membuat orang sering tidak sadar akan keberadaan komedo putih pada wajahnya.

Cara menghilangkan komedo Pada Wajah

Menghilangkan komedo pada wajah dapat dilakukan sendiri atau dengan peralatan sederhana di rumah atau dengan bantuan ahli kecantikan di klinik-klinik kecantikan.

Melakukan sendiri

Jika anda ingin melakukannya sendiri di rumah yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali memencet komedo tersebut baik dengan tangan atau dengan bantuan pinset. Cara ini akan membuat pori-pori kulit menjadi besar dan iritasi. Alhasil kulit akan menjadi kusam. Teknik memencet komedo hanya bisa dilakukan oleh para ahli kecantikan di klinik-klinik kecantikan. Ini perawatan sederhana yang bisa anda lakukan di rumah:
  • Bersihkan wajah secara teratur (dua kali sehari) dengan menggunakan cairan pembersih wajah atau sabun wajah yang memiliki kandungan asam salisilat yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati sehingga membuat kulit lebih muda serta kandungan glycolic acid atau salicylic acid. Kedua kandungan ini dapat membuka pori-pori yang menyumbat cairan minyak.
  • Penggunaan cairan pembersih atau sabun wajah dengan kandungan scrub juga dianjurkan. Namun sebaiknya jangan membersihkan wajah terlalu sering dengan scrub  karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah.
  • Penggunaan pore pack atau plester pengangkat komedo juga sangat dianjurkan. Namun sebaiknya dilakukan secara pelan-pelan saat melepaskan plester tersebut agar kulit tidak iritasi.
  • Hindari makan makanan yang bisa memicu aktifnya kelenjar minyak pada kulit seperti makanan berlemak produk olahan susu gula dan kafein.
  • Hindari make up terlalu tebal. Segera bersihkan wajah setelah anda menggunakan make up.
Bantuan ahli kecantikan

Jika ingin menghilangkan komedo dengan bantuan ahlinya Anda bisa mengunjungi klinik-klinik kecantikan. Klinik kecantikan biasanya akan menawarkan berbagai perawatan untuk mencerahkan kulit. Di Crystal esthetic Clinic perawatan untuk mengatasi komedo yang disebut silk peal. Teknik peeling ini dilakukan dengan alat khusus yang bekerja dengan cara memasukkan serum pada kulit wajah. Fungsi serum tersebut adalah mengangkat sel-sel kulit mati mengurangi cairan minyak pada wajah dan mencegah datangnya jerawat. Sebenarnya komedo bukanlah sesuatu yang dapat membahayakan kulit wajah. Namun ada baiknya dicegah dan diobati agar wajah tetap cerah dan tidak kusam. Untuk itu jaga dan rawatlah kulit wajah agar selalu bersih agar komedo tidak muncul.


EmoticonEmoticon