Selasa, 30 Januari 2018

Cara Submit/Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool

Cara Submit/Mendaftarkan Blog Ke search engine Google Webmaster Tool. Cara submit sitemap ke google. terbaru 2018. halo sobat blogger kali ini admin akan membagikan sedikit tutorial tentang cara mendaftarkan blog kita ke google.

Search engine , seperti yang kita ketahui banyak sekali search engine yang tersedia, beberapa diantaranya yang benar benar sering terdengar adalah google, bing, yandex, yahoo, baidu dan lain sebagainya. dari semua itu tentu yang paling bersinar adalah google. siapa yang tidak tau search engine yang satu ini. bahkan kehidupan dijaman yang serba canggih ini pun tidak terlepas dari google. semua ilmu sangat tersedia disana. bahkan untuk mempelajari sesuatu pun , sekarang tidak perlu bersusah payah, cukup membuka google, semua langkah tutorial, cara panduan sudah lengkap .

Nah semua bacaan yang dibaca itu merupakan salah satu sumber yang berasal dari tulisan blog. para blogger lah yang mengisi semua bacaan itu kedalam google. bahkan tugas google hanya menyediakan platform dan fasilitas lain untuk menulis. sisanya tergantung dari sipemilik blog tersebut. mereka harus dituntut ekstra kerja keras untuk memahami cara kerjanya.

menjawab kenapa blog harus disubmit ke google ? jika anda ingin sekali blog anda ditampilkan di halaman mesin pencari, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mensubmitnya ke google. lalu dimanakah tempat mensubmit blog kita ?? yaitu di google webmaster tools.banyak sekali produk google. jika anda seorang blogger salah satu cara untuk mengatur panel berkas blog atau website dibutuhkanlah google webmaster. disinilah media penghubung antara blog anda dan google. bagi blogger pemula tentu hal ini akan sangat membingungkan sekali. selain itu disana juga banyak sekali menu yang pada akhirnya membuat anda pusing, jika tidak mengerti dengan hal tersebut.

Untuk itu kali ini admin akan membagikan beberapa tutorial yang harus anda lakukan , jika anda ingin blog anda muncul di google. ikutilah panduan ini dengan sekasama.

Cara Submit/Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool

1. Silahkan anda login keblogger atau login ke gmail yang akan anda daftar di google webmaster
2. jika sudah langsung saja akses ke link berikut GoogleWebmasterTools
3 Silahkan login ke email anda masukan email dan password
4. Maka akan terbuka panel seperti ini jika anda sebelumnya belum pernah mendaftar google webmaster


5. Silahkan input URL blog anda (pada type silahkan pilih website)

  • (gunakan https jika bloganda mengaktifkan https, )
  • (gunakan http jika blog anda tidak mengaktifkan https)
6. Lalu Klik ADD A PROPERTY

Sampai pada langkah ini property webmaster untuk blog anda sudah berhasil dibuat. langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mensubmit sitemap /peta situs ke dalam web master ? 

Lalu apakah fungsi dan kenapakita harus mensubmit peta situs kita ke google ?tujuannya sederhana agar google dapat mengenali struktur blog anda. sitemap ini diibaratkan seperti sebuah peta.jika anda sedang berpetualangan didalam sebuah hutan , anda memerlukan peta untuk menemukan jalan, jika tidak ada peta maka anda akan tersesat dihutan tersebut, sama halnya seperti blog, jika peta blog anda tidakdiberi ke google bagaimana mungkin google dapat menemukan situs anda.

Nah untuk mensubmit peta situs / sitemap blog caranya sangat mudah sekali silahkan ikuti langkahnya berikut ini 

Cara Submit Sitemap/Petasitus Blog Ke Google Webmaster

1. Silahkan login ke dashbord webmaster tool tadi 
2. Pilih menu Crawl >> Lalu pilih sitemap
3. Dipojok kanan atas silahkan klik tombol ADD/TESTSITEMAP
4. Ketikan Sitemap.xml



5. Lalu klik tombol Submit

Sebenarnya ada banyak cara mengirim peta situs ke google bisa dengan sitemap.xml bisa juga dengan atom.xml atau yang lebih khususnya seperti ini 

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

sitemap diatas sama seperti fungsi sitemap lainnya hanya saja menginstruksikan kepada robot crawl untuk mengindeks jika halaman dibawah 500 artikel, namun saya pribadi lebih suka menggunakan sitemap.xml karna sitemap model ini sangat ampuh dan terbilang tidak cukup ribet.

Sampai pada langkah diatas anda sebenarnya sudah selesai memasang sitemap ke google, langkah selanjutnya adalah memasang meta tag verifikasi , ini bertujuan agar blog anda dapat terhubung dengan baik di google. untuk memasang meta tag html verifikasi google silahkan simak caranya berikut ini :

Car memasang meta tag verifikasi html google

1. silahkan login ke dashboard web master tool anda tadi
2. lalu klik roda gerigi dipojok kanan atas pilih Verification details

3. Lalu pilih Verify using a different method.

4. Pilih HTML Tag maka akan keluar kode verifikasi meta tag html google seperti ini 

5. Silahkan anda copy kode tersebut dan letakan didalam blog anda tepat dibawah kode <head> setelah itu simpan tema dan balik lagi ke dashboard webmaster tools , silahkan klik tombol Verify Dibawah.jika berhasil maka akan seperti ini.



Nah sampai pada langkah ini website anda telah berhasil disubmit ke google , anda tinggal menunggu beberapa hari untukweb anda diindeks google. sebenarnya ada langkah ini sudah cukup mengantarkan blog anda untukmuncul digoogle, namun pasti tidak lengkap rasanya jika kita belum menambahkan properti google analytics dan tag manager didalam blog kita agar indeks seo nya lebih joss.

Untuk tutorialnya silahkan baca artikel ini :


EmoticonEmoticon