Minggu, 28 Januari 2018

Cara Usir Kantuk Dengan Olahraga Di Meja

Cara Usir Kantuk Dengan Berolahraga Saat puasa banyak pekerja yang sering diserang rasa kantuk. Ini pasti merepotkan dan membuat kinerja tak maksimal. Agar tahun ini terhindar dari masalah serupa siasati dengan olahraga yang bisa dilakukan di meja kerja.

Menahan rasa haus dan lapar merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam di bulan Ramadan. Tentu banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menjalankan ibadah ini. Salah satu yang kerap menyerang kaum pekerja adalah serangan rasa kantuk di tengah jam kantor. Yang sering mengganggu kreativitas bukan rasa haus atau lapar tapi rasa kantuk. Kalau sudah mengantuk susah sekali mau konsentrasi. Ternyata menurut dokter spesialis olahraga hal ini memang wajar terjadi. Kenapa? Karena saat sedang menjalani puasa gula dalam darah mengalami penurunan. Itulah yang menimbulkan rasa kantuk. Saat sedang menjalankan puasa gula darah dalam tubuh akan naik turun dengan drastis. Sehabis berbuka atau sahur biasanya gula darah akan naik karena orang-orang mengkonsumsi yang manis-manis.

Namun di siang hari saat sedang beraktivitas gula darah kita akan turun karena tidak mendapat asupan apapun. Turunnya gula darah inilah yang membuat orang berpuasa cenderung mengantuk saat sedang beraktifitas disiang hari.

Cara Usir Kantuk Dengan Olahraga

OLAHRAGA RINGAN

Dokter yang berpraktek di slim health Spot terapi ini mengatakan salah satu cara yang dapat membantu menghalau rasa kantuk adalah dengan berolahraga di tengah aktivitas. Mendengarkan itu mungkin langsung timbul pertanyaan: Apa mungkin berolahraga di kantor saat sedang puasa? Bukankah badan jadi semakin lemah karena kelelahan? Bukankah badan jadi semakin lemas karena kelelahan? Tak perlu khawatir olahraga yang dimaksud dokter hanyalah yang ringan dan praktis karena cukup menggunakan alat-alat di kantor.

Biasanya olahraga semacam ini disebut dengan office exercise. Peralatannya sangat sederhana misalnya botol minum kesayangan anda dan sebuah kursi yang selama ini menjadi Singgasana anda. Lakukan olahraga yang tidak menguras tenaga dan tidak menyita banyak waktu. Cukup 10 menit dan anda sudah bisa merasakan manfaatnya badan lebih segar rasa kantuk pun hilang. Berikut beberapa gerakan office ezrcises dapat Anda lakukan:

Pemanasan
Sebelum melakukan olahraga apapun pemanasan terlebih dahulu. Ini perlu dilakukan agar tubuh beradaptasi. Pemanasan nya sama seperti olahraga pada umumnya yakni dimulai dari leher bahu pinggang dan kemudian turun ke kaki.

Lengan
Ambil botol minum anda. Gerakan tangan ke atas dan ke bawah seperti anda sedang berlatih menggunakan barbel. Lakukan beberapa kali dengan hitungan 2 kali 8 untuk masing-masing tangan. Gerakan-gerakan ini berfungsi untuk melatih otot otot lengan.

Perut
Untuk melatih otot perut anda dapat menggunakan kursi. Sambil duduk gerakan pinggang kekiri dan kekanan. Disini yang bergerak tubuh bagian atas saja. Jika merasa kesulitan Anda bisa berpegangan pada pegangan kursi atau rak di samping anda.

Paha dan betis
Sambil tetap duduk di tempat angkat kaki hingga setinggi paha Anda atau sejajar dengan lutut. Lakukan hingga beberapa hitungan. Gerakan-gerakan ini akan melatih otot otot betis dan paha anda.

SESUAIKAN DENGAN KEBUTUHAN

Olahraga pada dasarnya merupakan kebutuhan setiap orang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Namun karena tuntutan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari olahraga menjadi sulit dilakukan. Apalagi saat saat bulan puasa seperti sekarang. Badan lemas dan lutut terlalu capek atau haid menjadi alasan banyak orang.

Padahal banyak cara sederhana yang dapat dilakukan salah satunya adalah office exercise seperti yang telah dijelaskan diatas. Bagi sebagian orang office exercise mungkin tetap dianggap terlalu memakan waktu. Untuk menyiasati Keterbatasan waktu ini lah satu saran berikut. Jika memungkinkan pasang semacam pedal sepeda di bawah meja kantor.

Sewaktu-waktu Anda bisa berolahraga dengan cara mengayuh pedal itu. Olahraga di kantor memang bisa menjadi solusi bagi orang-orang dengan aktivitas dan kesibukan yang padat. Meski demikian tetap dianjurkan menyediakan waktu untuk berolahraga baik itu di pagi sore maupun malam hari. Selama bulan puasa pasti ada perubahan pola makan.

Karena itu kadar olahraga juga perlu disesuaikan. Bila hanya punya waktu di pagi hari sebaiknya melakukan olahraga ringan dan menyenangkan seperti jalan-jalan pagi, bersepeda atau pemain bulu tangkis bersama keluarga. Selain sehat olahraga semacam ini dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri dengan keluarga.

Tapi ingat jangan terlalu lama agar badan tidak kehausan atau lemas. Jika suka atau terbiasa melakukan olahraga yang lebih berat boleh-boleh saja. Tapi lakukan di sore hari menjelang atau Setelah berbuka puasa. Dengan begitu energi yang keluar saat berolahraga dapat segera diganti.


EmoticonEmoticon