Sabtu, 27 Januari 2018

Yang Perlu Dipersiapkan Setelah Lama Absen Kerja

Hal Yang Perlu Dipersiapkan dan diperhatikan Setelah Lama Absen(Cuti) tahunan Kerja. Banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan Berhenti bekerja sejenak dengan cara absen kerja ataupun mengambil cuti yang panjang. Jika setelah beberapa tahun absen ingin bekerja kembali banyak hal yang perlu dipersiapkan. Bacalah rangkuman berikut ini :

Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah memperbaharui ini khususnya di bidang yang telah dikuasai sebelumnya. Selain itu kita juga harus menjaga penampilan agar tidak terlalu lusuh. Memperbarui ilmu itu juga dengan browsing membaca baca buku atau menjaga hubungan dengan teman satu profesi. Sebenarnya mengikuti berita juga sudah cukup. Tapi biasanya kalau sudah di rumah, kaum Ibu senangnya menonton sinetron. Begitu acara berita langsung dimatikan. Padahal tayangan berita bisa membuat otak berpikir terus.

lama absen kerja

Persiapan fisik dan mental

Akar comeback ke dunia kerja bisa berjalan mulus banyak yang perlu dipersiapkan berikut beberapa tipsnya:

1 MENGUBAH RITME BIOLOGIS

Selama menjadi ibu rumah tangga anda mungkin memiliki kesempatan tidur siang bersama anak. Saat bekerja hari itu tentu tak dapat dilakukan. Jadi sebelum benar-benar bekerja kembali berlatihlah untuk tidak tidur siang. Isi waktu dengan berbagai aktivitas seperti browsing membaca dan lain-lain.

2 PERHITUNGKAN WAKTU

Dengan kembali bekerja rutinitas tentu berubah. Jangan lupa hitung juga waktu perjalanan dan kemungkinan kemacetan yang terjadi.

3 CARI PENGASUH ANAK

Inilah salah satu hal penting yang harus dipersiapkan. Jika sekarang belum punya pengasuh Carilah jauh-jauh hari. Dengan begitu anak bisa menyesuaikan diri dengan pengasuh dan si pengasuh sudah paham tugas dan tanggung jawabnya.

4 BERI ANAK PENGERTIAN

Selama ini anak lebih sering menghabiskan waktu dengan Anda. Jika anda bekerja untuk anak tidak bisa melakukannya lagi. Beri pengertian padanya Kenapa Anda harus bekerja. Gunakan Bahasa sesuai usia anak. Tidak disarankan untuk berbohong misalnya dengan menyembunyikan si anak saat Ibunya akan berangkat bekerja. Biarkan saja dia menangis saat melihat anda pergi. Lama-lama juga anak terbiasa. Kelihatannya tega banget. Tapi tidak apa-apa. Dari situ ia akan belajar untuk mengerti.

5 UJI COBA

Kalau merasa ragu menghadapi hari pertama bekerja sebaiknya melakukan uji coba dahulu. Berangkat dan pulang lah di jam yang seharusnya. Merasakan kelelahan atau kekesalan saat menghadapi kemacetan Karena itulah kenyataan yang akan anda hadapi. Anda juga bisa mempertimbangkan modal transportasi yang akan dipilih: kendaraan sendiri busway kereta api ojek Atau lainnya.

6 SIAP MENEMUKAN HAL BARU

Dengan bekerja di lingkungan baru, Anda harus siap untuk bertemu dengan orang-orang baru juga. Persiapkan diri untuk beradaptasi. Kondisi kantor baru belum tentu serupa dengan yang lama. Jangan sekali-kali membandingkan keduanya.

JUJUR

Jika saat ini anda baru dalam tahap melamar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebaiknya ikuti prosedur seperti yang sudah ditentukan perusahaan. Seandainya pernah bekerja di perusahaan itu pun anda harus tetap mengikuti keseluruhan proses. Jangan berharap mendapat perlakuan khusus. Tapi seandainya perlakuan khusus itu memang ada silakan saja menikmati dan memanfaatkannya.

Dalam membuat CV Tuliskan umur status pernikahan dan pengalaman kerja yang sudah pernah dijalani. Jangan lupa untuk menjabarkan detail pekerjaan pekerjaan itu. Lebih baik jujur dengan kondisi yang ada sekarang. Jika berbohong suatu saat pasti akan ketahuan dan itu merugikan diri sendiri. Tentang posisi atau jabatan yang diincar sah-sah saja jika anda ingin yang sama. Misalnya sebagai manajer. Tentu dengan catatan kita Yakin memang mempunyai kemampuan untuk menjalani tugas-tugas sebagai manajer.

Pilihan lain Anda bisa mendaftarkan diri ke head Hunter atau agen pencari kerja. Lebih baik jenis pekerjaan yang diincar sesuai dengan pendidikan. Keahlian dan kompetensi kita. Perlu dipertimbangkan juga untuk mencari pekerjaan yang kantornya tidak jauh dari rumah. Dengan begitu waktu anda tidak terbuang percuma di jalan sehingga anak dan keluarga tetap bisa diurus dengan maksimal.


EmoticonEmoticon