Rabu, 14 Maret 2018

Cara Mendidik Anak Yang Egois Dan Keras Kepala

Cara Mendidik Mengajar Mencegah Mengatasi Dan menghadapi Anak Yang Egois Suka Melawan Dan Keras Kepala.Terkadang Anda tak perlu khawatir terhadap perilaku anak Anda sebab perilaku anak seusia dia memang masih berubah-ubah. Seusia dia memang masih berubah-ubah karena itu apa yang telah anda lakukan selama ini jika saat ini perilaku anak Anda belum seperti yang anda harapkan janganlah membuat anda putus asa. Apa yang anda lakukan itu memerlukan kesabaran dan proses panjang. Anda harus tetap yakin bahwa apa yang anda lakukan sudah betul Dan suatu saat nanti pasti akan bermanfaat bagi anak.

Perlu diketahui anak Anda yang saat ini sangat egois disebabkan karena pada usia demikian anak sedang mengembangkan kemampuan kognitif nya. Jadi bukan karena kegagalan anda dalam membimbing ya. Dalam mengembangkan kemampuan kognitif nya anak memerlukan banyak masukan dari luar. Hal-hal dari luar itu akan diserap oleh anak. Hal itu seringkali dikatakan orang merupakan sifat dasar anak egois. Oleh karena itu orang tua memiliki peran penting dalam mengarahkan anak untuk memahami dunia di luar dirinya. Ada hal-hal yang berada di luar dirinya dapat menjadi bagian dirinya tetapi ada pula yang tidak bisa menjadi bagian dari dirinya. Sifat egois pada tahap tertentu dapat ditolerir akan tetapi tidak boleh dibiarkan terus.

Sebab membiarkan sifat egois menyebabkan anak tumbuh menjadi individualis. Hal ini sangat berbahaya sebab manusia hidup sebagai makhluk sosial artinya yang harus hidup bersama dengan orang lain sehingga tidak selayaknya anak mengandalkan sifat egoisme Nya sendiri. Akan tetapi sifat egois kadang-kadang memiliki sisi positif di mana sifat egois itu diperlukan ketika anak harus mempertahankan dirinya dari gangguan orang lain misalnya ketika anak merebut mainannya yang akan dibuang oleh temannya.



Cara Mendidik Anak Yang Egois Dan Keras Kepala

1. Berilah sedikit tentang nasehat kepada anak

Meski terbilang umurnya masih sangat belia sekali. anak juga harus diberikan nasehat. meski sedikit sulit untuk membuatnya mengerti namun, ada kalanya ia akan menyerap kata kata yang anda berikan.jangan pernah bosan untuk terus menasehatinya, nasehat pun tidak bisa hanya beberapa kali anda lakukan, mesti dilakukan berkali kali, namun jangan terlalu sering karna akan menimbulkan efek bosan dan makin tambah beringas.

2. Ajarkan Beberapa peraturan dan tanggung jawab.

Perhatian dan memanjakan anak terlalu berlebihan merupakan salah satu faktor anak menjadi keras kepala dan egois. untuk itu ajarkanlah beberapa peraturan kepadanya. ajarkan juga untuk sebuah tanggung jawab agar ia dapat mandiri, jika ia melanggar berilah sanksi kepadanya, jangan segan segan untuk memberinya hukuman, namun ingat jangan terlaluberlebihan, karna dapat menjatuhkan mental si anak.


3. Mejadi Teladan Bagi Anak

Poin yang ketiga ini sangatlah penting, sebelum kita mengajarkan atau menghilangkan keegoisan pada diri anak sebaiknya terlebih dahulu, anda sebagai orang tua memperbaiki diri anda terlebih dahulu karna dalam beberapa keadaan , anak justru cenderung mencontoh dan mengikuti tingkah laku orang tua. jadi sebaiknya jadilah contoh teladan bagi anak,

Demikianlah Cara Mendidik Anak Yang Egois Dan Keras Kepala. Semoga anda tetap bersemangat dalam membimbing anak anda menjadi anak yang baik.


EmoticonEmoticon