Senin, 05 Maret 2018

Tata Cara Adab Dan Etika Dalam Bertamu

Tata Cara Adab Dan Etika Dalam Bertamu atau bersilaturami. Bertandang ke rumah sanak keluarga atau kerabat lazim kita lakukan sebagai ajang silaturahmi. Agar menjadi tamu yang baik atau beberapa etika yang harus dilakukan agar silaturahmi berjalan maksimal.



Tata Cara Adab Dan Etika Dalam Bertamu

Berkunjung dan menginap


  1. beritahukan kedatangan anda. Jangan mendadak dan jangan datang tanpa pemberitahuan bila anda hendak menginap. Selain merepotkan karena mereka tidak siap siapa tahu mereka tidak ada di rumah atau sedang ada acara. Tanyakan apa mereka tidak keberatan atau Apakah mereka punya acara yang akan terganggu bila anda berkunjung dan tinggal sementara waktu.
  2. datanglah tepat waktu. Jangan terlalu cepat atau tiba-tiba membatalkan kedatangan. Hal itu akan membuat tuan rumah kerepotan atau kecewa.
  3. jangan terlambat tanpa penjelasan. Pastikan bahwa menjelang kedatangan anda telepon seluler Anda bisa dihubungi. Jangan membuat mereka mengkhawatirkan keadaan Anda yang datang terlambat dan tak ada kabar. Jika memang mengalami keterlambatan karena macet di jalan penundaan penerbangan atau kereta yang terlambat pastikan memberitahu tuan rumah dan berikan penjelasan yang masuk akal.
  4. Jelaskan maksud kunjungan. Lebih sopan bila anda memberitahukan rencana selama menginap. Apalagi jika anda punya rencana atau jadwal pergi ke tempat lain. Komunikasikan Kapan kira-kira anda akan pergi dan kapan Anda akan kembali. Usahakan jangan meninggalkan rumah tanpa memberitahu si empunya rumah.
  5. jangan memperpanjang kunjungan anda. Meskipun tuan rumah senang dengan kunjungan anda pasti banyak perubahan yang harus mereka lakukan karena kehadiran Anda di rumah. Tuan rumah setidaknya harus menyediakan extra waktu energi uang makanan dan hal hal tak terduga lainnya. Rutinitas dan privasi pemilik rumah juga pasti terganggu Jika kamu terlalu lama mengina
  6. bawa buah tangan. Usahakan membawa buah tangan atau oleh-oleh saat datang sebagai ucapan terimakasih atau bentuk penghargaan.
  7. fleksibel dan adaptif. Kalah dengan kebiasaan dan peraturan yang berlaku di rumah yang anda datangi. Seperti jam berapa mereka bangun pagi jam berapa mematikan lampu menaruh barang-barang dan lain sebagainya.
  8. Jagalah kerapihan. Hati-hati saat makan jangan sampai mengotori karpet atau tempat tidur. Bersihkan kamar tidur yang anda tempati. Bersihkan peralatan yang anda pakai. Simpan dengan benar baju kotor anda. Jangan menimbulkan kerusuhan dan kekotoran di rumah saudara atau kerabat yang anda tuju.
  9. selalu minta izin. Jangan lupa minta izin jika anda hendak menggunakan atau meminjam barang dan fasilitas. Jangan mendominasi penggunaan fasilitas yang dipakai bersama seperti kamar mandi. Jangan mandi terlalu lama. Jika tuan rumah hanya punya satu kamar mandi tanyakanlah Siapa yang harus mandi terlebih dahulu sehubungan dengan jadwal sekolah atau jadwal kerja. Berhati-hatilah dengan barang yang anda pakai. Jangan sampai merusak barang atau fasilitas.
  10. jaga kebersihan diri. Mandi secukupnya untuk menghindari bau badan. Jangan masuk ke dalam rumah menggunakan kaos kaki yang bau. Cuci tangan sebelum menyentuh bayi. Meskipun Anda suka sekali dengan makanan seperti pete jengkol atau bawang putih Hindari makanan tersebut demi menjaga aroma badan atau menghindari bau tak sedap di kamar mandi.
  11. jangan tinggalkan virus pada penyakit. Jika saat nggak berkunjung anda sakit seperti bulu atau penyakit menular lainnya sebaiknya kunjungan anda dibuka terlebih dahulu. Takutnya penyakit anda akan menular ke penghuni rumah yang anda tuju.
  12. bawa perlengkapan pribadi. Misalnya Anda suka mendengar musik sebelum tidur atau Saat bangun pagi hari. Anda bisa membawa MP3 sendiri lengkap dengan earphone atau handphone agar suara musiknya tidak mengganggu. Bawa juga handuk dan keperluan pribadi sendiri.
  13. tahu waktu. Jangan membuat si pemilik rumah terjaga terlalu larut. Pahamilah bahwa mereka perlu istirahat. Ini terjadi biasanya karena kamu keasikan bercerita atau pergi sebentar dan pulang Terlalu larut sehingga tuan rumah terpaksa menunggu.
  14. tawarkan bantuan. Jangan beranggapan bahwa anda tinggal di hotel yang harus selalu dilayani. Bantulah tuan rumah memasak mencuci piring atau membersihkan rumah. Meskipun kebanyakan tuan rumah akan menolak pandan itu setidaknya anda sudah bersikap sopan.
  15. berkontribusilah. Saat tuan rumah mengajak anda makan di luar sekali-kali Anda bisa membayarnya. Bisa juga anda membelanjakan kebutuhan sehari-hari di toko serba ada. Ingatlah bahwa mereka sudah mengorbankan banyak hal untuk anda.
  16. Hormatilah perbedaan kebiasaan dan budaya. Hati-hatilah terhadap perbedaan kepercayaan karena hal tersebut sangat sensitif. Makalah ucapan Anda agar tidak menyinggung.
  17. beri pujian. Apresiasi lah segala sesuatu yang sudah dengan susah payah disediakan untuk Anda termasuk makanan yang disediakan Walaupun anda tidak menyukainya. Tetaplah mencicipi Walau sedikit kecuali memang ada larangan dari dokter. Jangan mengkritik dan membanding dengan yang biasa anda nikmati di rumah Anda sendiri.
  18. siap kita harus pergi sendiri. Jika anda datang untuk pergi pergi mengunjungi tempat-tempat wisata sebisa mungkin jangan merepotkan. Buatlah punya rencana pergi sendiri atau diantar oleh tuan rumah. Jika tuan rumah tersedia mengantar sebaiknya Anda mempersiapkan anggaran untuk membiayai Semua pengeluaran terkait dengan wisata itu.
  19. aturan mengajak teman. Sebaiknya minta izinlah bila anda mengundang teman lama untuk mengunjungi anda di kediaman tuan rumah.
  20. kesan Terakhir. Jangan lupa Mengucapkan terima kasih saat kunjungan anda berakhir. Anda bisa mempersiapkan kado spesial untuk tuan rumah memberi uang saku kepada anak-anaknya Atau meninggalkan sebuah kartu ucapan terima kasih cantik di kamar yang telah anda pakai.
Berkunjung tanpa menginap


  1. Kabarin dulu. Jika anda ingin memberi kejutan pada tuan rumah terlihat kedatangan anda sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu ada atau tidaknya tuan rumah.
  2. buah tangan. Jika memungkinkan orang tua tangan sebagai sebuah bentuk perhatian.
  3. menjaga sikap dan ucapan. Jangan bersikap seolah-olah berada di rumah sendiri. Masuk ruangan tanpa izin atau duduk semuanya. Bila anda sudah lama tak bertemu hati-hatilah dalam bertutur. Ada banyak hal yang mungkin berubah selama jangka waktu anda dan tuan rumah tak bertemu.
  4. Nikmatilah suguhan yang disediakan. Bila anda menghindari yang manis minta air putih atau Jelaskan mengapa anda tidak bisa memakan suguhanya.
  5. jangan lupa waktu. Walaupun sedang asyik bercerita Anda tak boleh pulang Terlalu larut malam karena akan mengganggu jam istirahat.


Bertamu di sebuah acara


  1. datang tepat waktu. Hargailah kerja keras yg pembuatan cara membuat jadwal.
  2. berkomunikasilah dengan semua orang. Paling tidak Anda bisa melontarkan sapaan dan menanyakan kabar sekalipun pada orang-orang yang belum Anda kenal. Ingatlah bahwa anda berada di sebuah lingkungan sosial dan mewajibkan anda di acara tersebut adalah bersosialisasi. Nikmatilah acara tersebut dan jangan menyendiri.
  3. tinggalkan masalah anda di rumah. Anda sedang diundang di sebuah acara ada pesta. Jadi Sudah seharusnya tempat tersebut penuh dengan kesenangan dan kegembiraan. Menceritakan masalah anda akan merusak suasana. Simpanlah cerita itu untuk kesempatan lain.
  4. agar tak Canggung. Jika anda hendak mengajak suami anak atau teman perhatikanlah acara yang diselenggarakan. Bila acaranya pesta mungkin anda bisa mengajak pendamping untuk menemani anda. Apabila acara tersebut adalah sebuah acara pribadi seperti pertemuan keluarga atau Acara sekolah sebaiknya Anda tidak mengajak orang luar dari acara tersebut agar suasana acara tetap terjaga. Orang luar akan membuat keadaan dan pembicaraan menjadi canggung.
  5. jika anda diundang di sebuah acara makan malam yang formal hal yang paling penting adalah menikmati makan malam tersebut. Kesalahan fatal bila anda terlihat tidak menyantap apapun dengan alasan diet. Bila anda punya pantangan atau alergi Jelaskan hal itu kepada SI pengundang agar disediakan makan malam lain.


EmoticonEmoticon