Jumat, 13 April 2018

13 Tips Cara Atasi Kecanduan Ngemil

Tips Cara Atasi Kecanduan Ngemil. Ketika sedang beraktivitas Pernahkah tiba-tiba muncul keinginan ngemil yang sangat sulit dipendam? Tanpa disadari Anda secara membabi-buta mencari cara untuk memenuhi hasrat itu. Pokoknya harus dapat lama-kelamaan ini menjadi kebiasaan buruk.

Tips Cara Atasi Kecanduan Ngemil.

Hampir setiap orang pernah mengalami Apa yang disebut craving yaitu suatu kondisi dimana seseorang memiliki hasrat yang amat kuat untuk mendapatkan sesuatu alias ngebet. Craving tidak direncanakan melainkan muncul tiba-tiba bahkan disaat serius dan kebanyakan berkaitan dengan makanan atau minuman. Pasti anda tahu rasanya. Bisa saja Anda tengah bersiap-siap tidur di malam hari Namun pikiran anda melayang ke segelas milkshake coklat yang tersimpan dilemari es. Anda tahu bahwa anda tidak butuh minum milkshake sebelum tidur tetapi keinginan itu begitu kuat. Karena berusaha menahan diri akhirnya tidur pun tak tenang.


Banyak ahli di bidang kesehatan mengatakan bahwa craving berkaitan erat dengan otak. Hasil-hasil penelitian menunjukkan ketika kita merasakan sesuatu hal yang menyenangkan otak akan memproduksi dopamin yang membuat kita ingin merasakannya Lagi Dan Lagi. Bagi beberapa orang mengontrol Craving menjadi suatu hal yang sulit. Mereka acapkali jatuh dalam kubangan dan menyesal sesudahnya. Jika anda salah satunya berikut ini tersedia cara-cara yang bisa anda praktekan untuk mengendalikan cerafine tersebut. Silakan coba.

1) ketahui perbedaannya

Banyak orang berpikir craving adalah bagian lapar secara fisik padahal tidak. Craving hanyalah ciptaan pikiran kita. Untuk membedakannya cobalah berpuasa. Ketika perut mulai mengeluarkan bunyi-bunyian dan Tubuh terasa lemas itu artinya Anda memang lapar. Makan pun dianggap sah. Tapi karena kalau tanda-tanda itu tidak ada artinya anda hanya sedang ngebet camilan.

2) konsumsi dalam jumlah kecil

Ini berlaku untuk makanan atau minuman. Saat sedang craving sebenarnya kita hanya butuh sedikit untuk memuaskan diri. Jadi bila ingin merasakan yang manis-manis anda bisa mengkonsumsi sebutir permen atau sepotong kecil coklat kesukaan anda. Jumlah ini sudah cukup untuk mengirim pesan ke otak dan memberi tahu bahwa hasrat kita telah dipenuhi. Jadi anda tidak akan kepikiran terus.

3) minum

Tubuh kadang mengartikan dehidrasi sebagai craving. Tubuh pikir yang akan dibutuhkan adalah makanan padahal mungkin anda hanya haus. Ketika sedang ngebet makan sesuatu cobalah untuk minum segelas air dingin. Tubuh akan kembali segar dan craving pun sirna.

4) hindari menumpuk camilan. 

Semakin banyak camilan kesukaan Anda di rumah semakin Anda tergoda untuk mengkonsumsinya. Kalau memang merasa butuh menyimpan cadangan camilan belilah yang kemasan terkecil dan dalam jumlah sedikit. Simpan camilan itu di tempat yang tidak langsung terlihat misalnya lemari. Selain itu sebelum berbelanja Buatlah terlebih dahulu daftar belanjaan. Usahakan untuk tidak menyimpang dari daftar tersebut.

5) bersihkan mulut. 

Setelah mengkonsumsi sesuatu segera bersihkan mulut. Caranya bisa dengan menyikat gigi atau berkumur dengan air. Rasa makanan itu akan hilang dari mulut dan anda tidak akan ngebet lagi. Ini juga bermanfaat untuk mengirim pesan ke otak memberi tahu bahwa saat mengambil Telah Usai.

6) miliki jadwal. 

Daripada ngebet tidak karuan lebih baik anda menentukan waktunya. Bisa di akhir pekan atau di waktu lain. Ingat tetap batasi jumlah makanan atau minuman yang dikonsumsi. Pikirkan juga jumlah uang yang dikeluarkan. Dengan demikian anda akan memiliki kontrol dan perlahan-lahan craving itu pun akan berkurang. Anda juga bisa menggunakan camilan yang anda sukai sebagai hadiah setiap kali mencapai kesuksesan. Anda jadi termotivasi untuk melakukan yang terbaik dan craving tidak lagi menjadi hal yang mengganggu aktivitas.

7) berjalan kaki. 

Aktivitas ini ternyata ampuh untuk menjernihkan pikiran dari craving. Saat berjalan anda jadi memusatkan perhatian pada hal-hal lain. Berjalan kaki di luar ruangan lebih efektif daripada di dalam ruangan. Berinteraksi lah dengan orang lain saat melakukan kegiatan ini. Niscaya ketika Kembali Anda sudah tidak ngebet lagi.

8) hirup aroma mint. 

Aroma mint yang menyegarkan bisa membantu menghilangkan craving. Sekarang aroma mint bisa ditemukan dalam berbagai produk seperti penyegar ruangan. Anda juga bisa menyimpan beberapa lembar Daun mint dalam toples. Ketika craving melanda hiruplah aromanya.

9) telepon teman

Ceritakanlah keluh kesah Anda kepadanya. Cara ini lebih baik daripada melarikan diri ke makanan atau minuman. Teman juga bisa memberikan saran Atas kejadian yang sedang anda hadapi dan dapat mengalihkan perhatian anda dari craving. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa memiliki teman sangat bisa mengurangi tingkat stres seseorang. Sebaliknya Anda juga bisa melakukan hal tersebut terhadap teman yang sedang butuh perhatian.

10) makan yang cukup. 

Seringkali terjadi craving muncul akibat rasa lapar. Mungkin di pagi hari anda tidak cukup sarapan sehingga perut keroncongan dan konsentrasi terganggu. Pikiran pun mulai melanglang buana ke berbagai camilan favorit. Untuk mengatasinya makanan dengan porsi yang cukup tiga kali sehari. Anda bisa menyelingi waktu makan dengan mengkonsumsi buah-buahan. Waktu makan kunyahlah dengan perlahan. Tubuh akan lebih baik menyerap makanan dan tidak cepat lapar. Kalau sudah terbiasa Anda tidak akan lagi ngebet camilan.

11) buat catatan. 

Catatlah setiap makanan atau minuman yang anda konsumsi ketika craving melanda. Tuliskan juga perasaan anda saat itu. Misalnya sebulan sesudahnya Reksadana mati polanya. Anda jadi bisa melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengatasi craving. Sebagai contoh mungkin anda cenderung makan yang manis-manis saat menstruasi. Mendekati datang bulan sediakanlah buah-buahan di rumah sebagai pengganti camilan manis.

12) istirahat yang cukup. 

Ketika lelah tubuh membutuhkan pasokan energi dalam jumlah besar. Secara tidak sadar kita akan mulai mengkonsumsi makanan mengandung gula karena memang di situlah berhak dapat kandungan energi. Sayangnya tubuh yang lemah membuat pikiran tidak jernih. Kita jadi mengkonsumsi gula secara berlebihan. Sebaiknya Anda beristirahat ketika tubuh membutuhkan. Saat hendak beraktivitas lagi cadangan energi anda sudah kembali pada titik maksimum.

13) Jangan menghindari secara total. 

Semakin menghindar semakin anda terpacu untuk mengambil. Anda tergoda untuk melanggar batasan-batasan yang telah anda buat sendiri. Sebenarnya Anda tidak perlu memutus hubungan secara total dengan cemilan kesukaan anda. Anda bisa tetap mengkonsumsi makanan itu asalkan jumlahnya tidak berlebihan.


EmoticonEmoticon