Senin, 30 April 2018

Cara Membuat Program Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP

Cara Membuat Program Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP ~ Halo sobat blogger bertemu lagi dengan admin nama blog anda . kali ini admin akan sedikit membagikan tutorial mengenai cara membuat program sederhana dari PHP yaitu cara menghitung luas persegi panjang. sebenarnya program penghitungan luas persegi panjang ini sangatlah mudah, kita juga bebas berkreasi dengan model dan type scriptyang kita inginkan, namun yang akan admin bahas kali ini adalah bagaimana menulis coding PHP nya dengan sederhana.

Nah sebagai awal pembelajaran program PHP ini kita bisa menggunakan aplikasi notepad ++ atau bisa juga menggunakan aplikasi notepad biasa bawaan laptop/komputer. Saya sendiri menggunakan notepad ++ karna kemudahan fitur yang disajikan benar benar sangat memudahkan kita, terlebih lagi buat kita yangbenar benar pemula dalam tahap pembelajaran aplikasi ini sangat membantu, nah bagi anda yang belum memiliki aplikasi ini , bisa mendownloadnya terlebih dahulu disitus resminya DISINI 

Sangat disarankan untuk mendownload aplikasi notepad++ yang terbaru, karna banyak sekali pembaruan dan kelengkapan fitur didalamnya. Bagi anda yang sudah memiliki aplikasinya bisa juga mengupdatenya ke versi yang baru. NAh tanpa berbasa basi silahakan simak contoh Program Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP.

Cara Membuat Program Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP

1. Silahkan buka aplikasi notepad ++ 

2. Lalu copy script dibawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html lang="en" dir="ltr">
  <head>
    <meta charset="utf-8">
    <title>BELAJAR PROGRAM PHP</title>
  </head>
  <body>
    <?php
    $panjang = 20;
    $lebar = 10;
    $luas = ($panjang*$lebar);
    print ("LUAS = $luas");
     ?>
  </body>
</html>
3. Simpan dengan ekstensi File.php lalu letakan didalam folder htdocs XAMPP, dan kemudian panggil di browser dengan lokasi file yangdisimpan.

Maka hasilnya akan seperti ini :

Cara Membuat Program Menghitung Luas Persegi Panjang Dengan PHP

Keterangan :
pada script diatas terdapat tag <? .... ?> yang menyatakan script tersebut merupakan perinth daricript PHP , dan untuk mendeklarasikan data atau variabel menggunakan tanda dollar $ . dan perintah print merupakan perintah mencetak data


EmoticonEmoticon