Jumat, 13 April 2018

Cara Memperbaiki Hubungan Pertemanan Yang Retak

Cara mengembalikan memperbaiki hubungan pertemanan persahabatan yang retak renggang Bermasalah dengan teman? Itu sangat manusiawi Tapi tentu lebih baik jika hubungan retak tersebut dapat disambung kembali. Kalau ada bingung bagaimana caranya simak tips berikut ini.

Memiliki teman rasanya sangat menyenangkan. Kita menjadi punya tempat untuk berbagi cerita tentang banyak hal. Mulai dari masa anak-anak rumah tangga sampai yang sepele seperti bumbu dapur atau tempat belanja murah. Teman juga sering menjadi sumber penyegaran di saat kondisi hati sedang buruk. Tapi seperti umumnya sebuah hubungan pertemanan dan persahabatan pun rentan terhadap konflik.

Konflik itu sebenarnya tidak selalu berakibat negatif karena bisa membuat kita lebih saling memahami satu sama lain. Tapi kadang konflik melahirkan rasa sakit hati mendalam. Jika sudah begitu biasanya hubungan pertemanan pun jadi putus. Tidak ada lagi telepon email atau SMS. Apakah saat ini anda dijauhi atau dimusuhi seorang teman? Rasanya pasti tidak nyaman. Alangkah baiknya jika konflik itu segera sesudahi. Bagaimana cara tepat untuk memulainya? Simak tips berikut ini



Introspeksi Diri

Bisa jadi saat ini Anda bingung karena seorang teman menjauhi Padahal anda merasa tidak melakukan kesalahan apapun. Sebelum langsung marah-marah dan protes ke teman tersebut Sebaiknya anda melakukan introspeksi diri dulu. Renungkan apa yang sedang terjadi mengapa hal ini terjadi dan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keadaan. Cermati juga Sejak kapan permusuhan ini dimulai. Dengan begitu Diharapkan anda bisa mengenali situasi dan mencari solusi. Satu hal yang pasti adalah sesuatu yang membuat teman marah dan memusuhi anda. Kalaupun benar-benar merasa tidak bersalah tidak perlu langsung bersikap defensif. Bersikaplah tenang dan terbuka jangan sampai Anda terpancing emosi dan membuat hubungan semakin buruk.

Berani Untuk minta maaf

Tidak ada salahnya meminta maaf terlebih dulu. Kalaupun teman menolak permintaan maaf anda jangan putus asa. Jika sudah melakukannya paling tidak beban ada sedikit berkurang ajak teman Anda berbicara Empat Mata. Jelaskan bahwa permasalahan di antara anda dan dia hanya membawa dampak dan perilaku negatif. Ungkapkan juga bagaimana pertikaian tersebut membuat anda tidak nyaman. Dengan terbuka dan berani minta maaf nih saya sang teman akan bersimpati dengan tindakan Anda tersebut dan bisa membuka pintu maaf.

Pertanyakan sikap Anda

Walaupun berat beranikan diri untuk bertanya pada teman kenapa dia marah kepada anda. Apa sifat atau perilaku Anda yang membuatnya jadi bersikap memusuhi? Dengan demikian anda pun paham dengan perubahan sikap yang terjadi padanya. Luruskan persoalan yang membuatnya marah. Dengan demikian anda juga terhindar dari prasangka yang tidak tidak. Bisa jadi ketika itu anda tidak bermaksud menyakiti hatinya. Dengan adanya keterbukaan permusuhan yang mungkin muncul akibat kesalahpahaman bisa diakhiri.

Mengenang masa lalu

Ini salah satu trik yang bisa anda terapkan untuk berbaikan lagi dengan teman. Misalnya Anda makan di salah satu restoran yang pernah anda kunjungi bersamanya. Beritahu sang teman jika sungkan menelepon cobalah lewat SMS. Misalnya Anda bisa berkata aku lagi di restoran a Jadi inget waktu ketawa-ketawa di sini sama kamu. Jadi ingat waktu ketawa-ketawa di sini sama kamu jika teman membalas dengan kalimat yang menyenangkan itu sinyal positif. Kalau perlu aja lagi ya untuk makan di sana bersama anda. Lalu gunakan momen itu untuk memperbaiki hubungan yang sudah rusak.

Tunjukkan sikap positif

Jika sulit memulai duluan dengan menggunakan kata-kata cukup Tunjukkan sikap pertemanan. Dengan demikian anda sudah memberikan sinyal positif adanya misalnya jika teman terlihat membutuhkan bantuan bantulah. Atau tawarkan tenaga ketika kebetulan anda melihat dia kerepotan membawa barang. Anda juga bisa meluluhkan hati teman dengan menunjukkan bahwa Anda masih membutuhkan bantuan nya. Dengan hal-hal kecil seperti ini lama kelamaan situasi diantara anda akan cair dan bisa seperti sedia kala.

Rayu

Jika sang teman nampak sulit menerima perkataan Maaf cara merayu sah-sah saja dilakukan. Namun jangan umbar Rayuan Gombal. Hal ini justru akan membuat teman Anda semakin marah. Cobalah memberinya sebatang coklat atau makanan kesukaannya yang lain. Jika Iya hobi mengoleksi sesuatu barang hadiahkan saja barang yang diminatinya. Mengajak nonton film atau konser musik kesukaannya juga bisa dilakukan. Jangan merasa rugi merogoh kocek demi pertemanan. Tapi tentu saja selama Semua masih dalam batas kemampuan anda. Tidak perlu memaksakan diri.

Manfaatkan momen spesial

Momen hari raya biasanya menjadi saat tepat menghaturkan permohonan maaf.Kendati sudah menjadi tradisi permohonan maaf pada seseorang saat hari raya harus dilakukan dengan tulus. Daripada sekedar melalui SMS lebih baik anda menelepon sang teman. Ucapkan selamat hari raya sekaligus permohonan maaf anda. Hari ulang tahun juga merupakan momen yang tepat untuk melumerkan suasana. Ucapan selamat bisa anda utarakan secara langsung melalui telepon atau kartu dan bunga. Sisipkan permohonan maaf pada ucapan selamat anda. Teman bisa luluh karena terharu Anda mengingat hari spesial dalam hidupnya.

Berpikir positif

Bagaimana jika teman Anda tidak juga mau mencairkan konflik? Sementara sudah berbagi upaya Anda lakukan dalam situasi seperti ini tetaplah berpikir positif. Yakinkan hati bahwa suatu saat nanti dia akan memaafkan anda dengan ikhlas. Sementara itu meski dia menjauh Sebaiknya anda tetap menjadi kawan yang baik. Jangan karena dia marah pada anda anda juga jadi marah padanya. Tunjukkan perilaku positif adanya. Anda sudah menunjukkan sikap Sahabat Sejati.


EmoticonEmoticon