Jumat, 06 April 2018

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak. Cara Menghadapi anak sulit makan .Banyak anak sulit makan. Keadaan ini harus segera mendapat perhatian sebab penolakan makan dalam jangka panjang bisa mengakibatkan anak kekurangan gizi. Akhirnya daya tahan tubuh anak menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit. Bagaimana menghadapi anak sulit makan?

Penyebab anak sulit makan

Anak sulit makan bisa terjadi pada semua kelompok usia dari bayi baru lahir sampai akhir masa anaknya di sekitar usia 18 tahun. Hanya anak sulit makan umumnya mulai terjadi ketika anak memasuki usia balita. Karena pada masa balita anak sudah punya kesadaran dan keinginan yang memungkinkan anak mampu melakukan penolakan makan terhadap makanan yang tidak sesuai dengan harapan. Anak sulit makan bisa disebabkan banyak faktor diantaranya karena sakit. Anak yang sedang sakit menyebabkan terganggunya organ tubuh termasuk sistem pencernaan. Gangguan pada sistem pencernaan menyebabkan anak kehilangan nafsu makan dan akhirnya anak menjadi sulit makan. Menu yang kurang variatif juga bisa menyebabkan anak sulit makan.



Hal ini bisa terjadi sebab menu yang tak variatif menyebabkan anak bosan. Hanya anak-anak tak bisa mengungkapkan kebosanan itu dengan kata-kata seperti halnya orang dewasa. Rasa bosan itu kemudian ia ungkapkan dengan cara tak mau makan. Anak sulit makan bisa pula disebabkan karena jadwal memberikan makanan yang tidak tepat. Contohnya biasanya anak diberi makan jam 12.00 WIB perubahan jadwal ini bisa jadi akan ditolak anak sebab anak saat itu masih kenyang. Inilah alasannya Mengapa tidak disarankan memberikan makanan cemilan yang mengenyangkan ketik aja makan akan tiba. Gangguan psikologis berupa perasaan tak senang juga bisa menyebabkan anak sulit makan. Karena itu sebelum atau saat makan anak Jangan dimarahi. Kalaupun saat makan anak berlarian kesana-kemari Biarkan saja.

Makan sambil perlarian merupakan ciri khas anak dan hal yang merupakan bukti bahwa anak butuh kesenangan saat makan. Pendapat Senada juga disampaikan psikolog ia menambahkan anak sulit makan dapat juga terjadi karena orang tua tak mengakui ego anak. Orang tua selalu memaksa anak harus makan ini itu dengan porsi yang sudah ditentukan. Pokoknya makanan di piring harus dihabiskan. Meski maksudnya baik tetapi orang tua kurang menyadari bahwa makan bukan melulu persoalan gizi tapi juga melibatkan unsur psikologis. Pemaksaan kehendak bisa menyebabkan gangguan jiwa anak. Kondisi ini bisa jadi kemudian anak melakukan protes yang diwujudkan melalui berbagai cara seperti hanya mengaduk-aduk makanan yang disodorkan memalingkan muka saat disuapi menyemburkan makanan dari mulutnya atau perilaku lain yang tak kalah ekstrim. Penyebab sulit makan pada anak tidak sama.

Ada yang disebabkan karena penyakit ada pula karena faktor-faktor lain mengacu pada penyebabnya maka derajat keparahan maupun namanya anak mengalami sulit makan juga tidak sama. Ada anak yang lama sekali mengalami sulit makan sehingga badannya sampai kurus tetapi ada pula anak yang hanya beberapa hari saja mengalami sulit makan. Apapun penyebabnya anak sulit makan perlu segera diatasi soalnya penolakan makanan dalam waktu lama akan menyebabkan anak kekurangan gizi. Akibatnya daya tahan tubuh anak menjadi lemah sehingga anak mudah terserang penyakit. Jadi bila mengetahui anaknya mengalami sulit makan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan segera pula diatasi.

Yang perlu diperhatikan Jangan buru-buru memberikan obat penambah nafsu makan pada anak yang sulit makan. tapi sebab tak selamanya anak sulit makan perlu diberi obat nafsu makan. Mungkin saja penyebab sulit makan itu hanya karena pemberian makan yang tidak tepat waktu saja sehingga mengatasinya tak harus dengan pemberian obat nafsu makan melainkan dengan membetulkan jadwal makan yang tidak seperti biasa itu.

Cara meningkatkan nafsu makan anak

1. usahakan menampilkan makanan anak semenarik mungkin baik dari bentuk porsinya kombinasi warna maupun rasa juga cara menghidangkannya. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak bosan terhadap makanan yang disajikan setiap harinya.

2 Buatlah makanan yang mudah ia makan porsinya kecil-kecil dan mudah dikunyah. Dikunyah

3 usahakan memberikan 1 jam makanan baru di samping makanan kesenangan anak. Jika ingin memperkenalkan makanan baru berikanlah saat anak lapar. Jangan putus asa karena barangkali sampai 10 kali dihidangkan anak baru menyukainya.

4 berikan makanan tepat waktu. Jangan memberikan makan sebelum jadwal makan tiba. Sebab bila pemberian makan dilakukan sebelum jadwal makan anak mungkin masih kenyang sehingga makanan yang diberikan ditolaknya.

5 jangan memberikan cemilan yang mengenyangkan menjelang waktu makan anak tiba. Sebab bila anak kenyang dengan makanan cemilan maka pada saat harus makan anak masih kenyang sehingga ia menolak untuk makan makanan utamanya.

6 Buatlah suasana lingkungan yang menyenangkan pada saat anak makan. Anak jangan dimarah-marahi sebelum maupun saat makan. Bisa juga saat makan perdengarkan musik ringan tapi dengan intensitas rendah. Dengan cara ini anak dapat menikmati kebersamaan dengan orang tua.

7 berilah makan anak dengan penuh kasih sayang tetapi dalam batas normal jangan berlebihan (dibuat-buat). Dengan sentuhan kasih sayang anak merasa diperhatikan dan merasa nyaman saat makan.

8 kursi makan sesuaikan dengan kesanggupan anak. Jangan memaksa anak makan melebihi kemampuannya. Pemaksaan menyebabkan anak marah dan trauma sehingga pada kesempatan lain anak tak mau makan lagi.

9 berikan vitamin vitamin agar anak tetap bugar.

10 bila dengan berbagai cara anak masih sulit makan sebaiknya periksakan ke dokter Siapa tahu anak sedang sakit. Jika hasil pemeriksaan itu diketahui anak sedang sakit bisa segera diatasi dan anak mempunyai nafsu makan kembali.


EmoticonEmoticon