Minggu, 08 April 2018

Jangan Abaikan Kebutuhan Zat Besi Saat Haid

Jangan abaikan kebutuhan zat besi saat haid. Ketika haid datang tak sedikit diantara Anda yang terlihat pucat letih dan lesu. Hal ini terjadi karena tubuh anda kehilangan darah selama haid berlangsung sehingga zat besi yang berada di dalam sel darah merah pun merosot tajam. Oleh karenanya ada gak boleh mengabaikan asupan zat besi yang mempengaruhi ketersediaan sel darah merah agar senantiasa tercukupi.

Anda mungkin pernah mengalami hari-hari penuh deadlin di kantor tiba-tiba menjadi terganggu saat haid datang. Mengapa bisa terjadi? Haid ini merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita berupa perdarahan yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon. Periode ini sangat penting bagi kesuburan dan terjadi rutin setiap bulan saat usia remaja hingga masa menopause tiba. Proses terjadinya haid memang cukup Kompleks karena melibatkan kerja dua kelenjar yang terdapat di bagian otak (hipotalamus dan hipofisis) indung telur (ovarium) serta (estrogen dan progesteron). Ada yang mengeluhkan nyeri hebat saat haid dan ada tampak biasa saja. Kelenturan dinding rahim atau endometrium saat meluruh dan jumlah darah yang keluar bisa mempengaruhi kondisi tersebut.



Apa yang terjadi saat haid?

Jika anda mendapat haid setiap bulan rata-rata 28 hari tentunya Anda termasuk yang bersiklus teratur. Namun tidak semua wanita memiliki siklus haid yang sama kadang-kadang siklus dapat terjadi setiap 21 hari hingga 35 hari. Bahkan seorang wanita bisa mengalami panjang siklus yang tidak sama setiap bulannya biasanya haid terjadi dalam 7 hari atau rata-rata terjadi dalam 5 hari.

Siklus haid yang anda alami setiap bulan ini ternyata berlangsung dalam empat fase yang berbeda apa saja?

  1. Fase haid. Saat peluruhan dinding rahim dari tubuh yang disebabkan berkurangnya kadar hormon Fase ini terjadi secara bertahap pada hari 1 sampai 7.
  2. Fase pra ovulasi masa pembentukan dan pematangan sel telur dalam indung telur yang dipicu oleh peningkatan estrogen dalam tubuh. Hal ini terjadi secara bertahap pada hari 7 sampai 13.
  3. Fase ovulasi. Masa subur suatu masa dalam siklus haid saat sel telur yang matang siap untuk dibuahi. Jika wanita tersebut melakukan hubungan pada masa subur ini maka akan terjadi kehamilan.
  4. Fase pasca ovulasi masa kemunduran sel telur bila tidak terjadi pembuahan. Pada tahap ini terjadi kenaikan produksi hormon progesteron sehingga dinding rahim menjadi lebih tebal dan siap menerima Enduro untuk berkembang. Jika tidak terjadi pembuahan maka hormon dalam tubuh akan berulang dan terjadi fase Lahir Kembali.

Zat besi berkurang karena haid

Anda dianjurkan untuk memperhatikan asupan makanan seperti cat besi berlebih saat haid. Mengapa? Saat masa haid pasokan zat besi dalam tubuh akan berkurang setiap bulannya seiring hilangnya sejumlah darah per harinya. Padahal kehadiran cat besi ini sangat penting untuk berbagai keperluan Reaksi tubuh. Zat besi merupakan unsur utama dalam pembentukan sel darah merah atau erit Rosyid. Sel darah merah inilah yang akan membuat hemoglobin atau HB untuk mengikat dan mengangkat oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen itu sendiri juga digunakan untuk membentuk energi bagi tubuh. Selain itu zat besi juga berperan dalam sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Pada wanita dewasa dengan berat badan sekitar 55 kg kehilangan zat besi dari proses pencernaan dan pengeluaran berjumlah 0,5 sampai 1,0 MG per hari atau rata-rata 0,8 MG per hari.

Konsumsilah makanan kaya zat besi

Bila keadaan ini tidak diimbangi dengan asupan zat gizi yang cukup maka anda dapat mengalami anemia atau darah rendah dengan gejala-gejala letih lemah dan lesu. Oleh karenanya asupan zat besi dapat diperoleh dari makanan segar ataupun suplemen. Zat besi yang bersumber dari makanan adalah yang paling ideal untuk dikonsumsi. Jika perlu bisa ditambah dengan cat besi olahan. Makanan kaya zat besi yang dianjurkan diantaranya telur unggas hati ikan kerang daging merah kacang-kacangan atau kacang kedelai kacang hijau serealia sayuran hijau dan buah-buahan.

Selain itu susu diketahui juga dianjurkan untuk diminum sebagai penangkap nutrisi seimbang yang kaya akan zat besi dan kalsium. Pilihlah buah-buahan yang kaya vitamin C seperti buah jeruk yang membantu penyerapan zat besi sehingga kadarnya akan optimal di dalam tubuh dari makanan yang anda konsumsi. Selain itu hindari minuman yang mengganggu khusus dalam menyerap zat besi itu sendiri seperti kopi dan teh.

Waspadai anemia saat haid.

Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya bisa mengalami kekurangan zat besi saat haid. Kondisi ini sebaiknya lebih diwaspadai dengan antisipasi konsumsi makanan atau minuman dan suplemen penambah darah yang kaya zat besi. Mengapa? Kekurangan zat besi akan mempengaruhi produksi sel darah merah menyebabkan anemia serta kekurangan suplai oksigen sehingga mudah lelah wajah tampak pucat Tubuh terasa lemas daya tahan tubuh menurun berkurangnya kekuatan otot adanya perubahan kognitif peserta terjadinya penurunan kinerja.

Alhasil rutinitas Anda sehari-hari dapat terganggu dan andapun terpaksa pulang lebih awal karena anemia yang menyerang. Kekurangan zat besi dalam jumlah yang cukup besar dapat terjadi jika anda terserang haid hebat atau menorhagia. Ini terjadi karena volume darah yang dikeluarkan saat haid sangat banyak akibat ketidakseimbangan hormon ataupun kelainan rahim. Padahal zat besi penting untuk mempertahankan kadar sel darah merah dan juga menjadi fungsi fungsi dari organ yang ada di tubuh agar tetap bekerja optimal.

Jika wanita mengalami menstruasi selama 7 hari atau lebih dari darah yang keluar tidak tertampung lagi oleh pembalut maka kemungkinan ia menderita haid hebat ini. Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab terjadinya anemia. Anime ya karena kekurangan zat besi terjadi jika jumlah sel darah merah atau kadar hemoglobin berada di bawah ambang normal. Umumnya darah yang hilang akibat haid adalah 10 ml hingga 80 ML per hari. Tetapi biasanya wanita rata-rata mengalami 35ml kehilangan darah perharinya. Karenanya menjaga kadar zat besi agar tetap ideal adalah hal yang sangat penting karena jika terjadi anime yang parah maka kondisi ini bisa mengancam keselamatan jiwa.

Minum suplemen zat besi penambah darah

Selain makanan atau minuman segar cara efektif mencegah anemia saat haid adalah dengan mengkonsumsi suplemen atau zat besi. Meski perannya tidak untuk menggantikan konsumsi makanan atau minuman segar suplemen ini dianjurkan saat Tubuh memerlukan asupan zat besi lebih akibat kehilangan darah selama haid berlangsung.

Manfaat positif suplemen zat besi yang bisa anda kombinasikan dengan menu makanan harian diantaranya:

  • Mengandung zat-zat penting bagi pembentukan sel darah merah dan penyerapan zat besi di dalam tubuh agar berlangsung lebih cepat sehingga diformulasikan khusus untuk mencegah anemia.
  • Diformulasikan untuk meminimalkan efek zat besi seperti susah buang air besar atau bab dan rasa mual.
  • Mencukupi kebutuhan zat besi harian dengan dosis tepat sekali minum
  • Suplemen dikemas praktis sehingga nyaman untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang mengalami masalah anemia atau membutuhkan asupan zat besi lebih sementara asupan zat besi dari makanan atau minuman belum pasti mencukupi suplemen zat besi adalah pilihan yang cerdas dan praktis.


EmoticonEmoticon