Jumat, 06 April 2018

Jenis-Jenis Susu Serta Kandungan Nutrisi Didalamnya

Jenis-Jenis Susu Serta Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Didalamnya, Dalam kehidupan sehari-hari Kita susu sangat dikenal sebagai minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Namun banyak pula wanita yang enggan minum susu karena takut gemuk. Susu memang mengandung lemak namun tak perlu dikhawatirkan lemak susu tentulah tak seperti banyak lemak pada daging merah misalnya. Lagi pula ada beberapa jenis susu yang sudah dikurangi lemaknya. Berikut berbagai jenis susu yang perlu Anda kenal.



Jenis-Jenis Susu Serta Kandungan Nutrisi Didalamnya

1 Susu full cream (lemak murni).

Susu ini di pasteurisasi untuk mematikan Organisme yang dapat merusak susu kemudian di homogenizer untuk memisahkan lemak yang menggumpal di permukaan nya. Susu full cream ini mempunyai tekstur yang lembut dan berlemak. Susu full cream biasa digunakan untuk makan sereal dan dicampur dalam minuman kue dan pencuci mulut. Susu Ini mengandung 3,9% lemak. Susu Ini mengandung 3,9% lemak

2 susu modifikasi

Susu ini mempunyai tingkatan lemak yang berbeda-beda. Jenis yang kurang berlemak mengandung 1 sampai 2% lemak dan yang rendah lemak mengandung tidak lebih dari 1% lemak. Sebagian dari jenis susu ini diperkaya pula dengan protein tinggi dalam kalsium atau rendah dalam laktosa. Penggunaannya sama dengan susu full cream.

3 susu skim

Kandungannya yang rendah lemak membuat susu ini sedikit sekali mengandung lemak susu. Kandungan lemaknya kurang dari nol koma lima belas persen. Penggunaannya sama dengan susu full cream dan susu modifikasi.

4 butter milk (susu mentega)

Di masa lampau butter milk produk sampingan dari pembuatan mentega. Saat ini butter milk dibuat dari susu skim yang biakanya. Susu ini mempunyai permukaan yang kental dan rasa yang tajam. Susu mentega cocok sekali untuk membuat roti atau minuman. Susu Ini mengandung lemak 2%.

5 susu kambing

Susu kambing mengandung butiran protein yang lebih lembut daripada susu sapi dan lebih mudah untuk dicerna sebagian orang dewasa dan bayi. Susu Ini mengandung kandungan lemak yang sama seperti full cream dari susu sapi.

6 modifikasi lactose

Lactose gula dalam susu dapat menyebabkan gangguan bagi sebagian orang. Kebanyakan kandungan lactose dalam susu ini dihilangkan untuk membuat orang lebih mudah mencernanya. Susu ini biasanya tersedia dalam kemasan UHT (Ultra heat treated dibuat dalam panas tinggi. Susu ini dapat disimpan dalam waktu lama dan setelah dibuka harus disimpan dalam kulkas.

7 susu yang di uapkan (evaporated)

Sebagian kandungan air dalam susu ini dikuatkan agar diperoleh kekentalan yang permanen. Penguapan ini membuat susu tahan lama dan lebih berwarna. Susu ini populer sebagai alternatif lain dari susu krim. Dengan pendinginan yang baik jika dikocok akan mencapai 3 kali lebih banyak dari isi semula. Susu ini biasanya mengandung 8,2% lemak dan untuk yang kurang lemak mengandung 2,1% lemak.

8 susu bubuk

Susu ini dapat berupa rendah atau full cream. Susu ini diperoleh dengan mengeringkan susu. Digunakan untuk minuman shop saos dan pencuci mulut. Susu ini dapat dicampur dengan bahan-bahan membuat roti dan kue sebelum diberi air dan dipanggang.

9 susu dengan pemanis

Susu ini dibuat dengan cara yang sama dengan susu yang diuapkan Kemudian ditambahkan gula dan dijaga kekentalannya. Susu Ini digunakan untuk isi kue membalut kue dan untuk membuat permen. Susu ini biasanya mengandung 9,3% lemak sementara yang berasal dari susu skim mengandung 0,3% lemak.


EmoticonEmoticon