Minggu, 08 April 2018

4 Macam Keluhan Masalah Lingkungan Kerja Dan Cara Mengatasinya

Macam Keluhan Masalah Lingkungan Kerja Dan Cara Mengatasinya. Rutinitas di kantor seringkali menimbulkan situasi kerja yang tidak mendukung dan mengganggu produktivitas. Membahas 4 keluhan yang sering muncul di kantor beserta cara menyiasatinya. Selamat mencoba.

1 sulit konsentrasi

Gejala hilangnya konsentrasi bisa bermacam-macam. Pekerjaan yang terlalu menumpuk karena ditunda-tunda penyelesaiannya mengakibatkan karyawan sulit menentukan pekerjaan mana yang harus terlebih dulu diselesaikan. Lingkungan kantor yang bising juga bisa menyebabkan Anda sulit memusatkan perhatian. Selain itu kondisi kesehatan yang menurun juga bisa membuat anda sulit berpikir.



Cara Mengatasi: 

Bila anda sudah mengalami Hal ini tentu harus segera diatasi. Anda tidak mau semakin tidak produktif kan? Masalah anda ini bisa membuat perusahaan mengalami kerugian. Mulailah membiasakan diri membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan berdasarkan tempat waktu atau harian mingguan dan bulanan. Bila kesehatan anda sedang tidak fit segera berobat ke dokter. Kalau memang sudah tidak kuat bekerja lebih baik minta izin. Memaksakan diri membuat kinerja tidak maksimal. Jika kondisi sekitar Anda bising selamatkan konsentrasi anda dengan mendengarkan musik lewat earphone. Namun anda tetap harus peka terhadap situasi kantor. Jangan biarkan telepon berdering Siapa tahu panggilan itu dari atasan atau klien.

2 bosan

Rasa bosan biasanya timbul dari rutinitas tugas kantor. Setiap hari Anda harus mengerjakan pekerjaan yang sama dengan urutan yang sama pula. Otak yang sedang program dengan rutinitas tersebut tentu membutuhkan penyegaran. Saat merasa bosan biasanya karyawan akan ogah-ogahan bekerja dan menjalaninya sekedar rutinitas saja. Sikap ogah-ogahan itu bisa mengakibatkan performa kerja yang huruf.

Cara Mengatasinya :

Walaupun pekerjaan Anda adalah sesuatu yang rutin. Anda bisa menyiasatinya sehingga tidak cepat merasa bosan. Caranya adalah dengan mengubah urutan kerja anda. Perubahan ini tentu harus memperhatikan faktor prioritas yang telah Anda susun. Misalnya: Kalau tugas memang harus dikerjakan pagi hari Jangan karena bosan Lalu Anda tukar waktu pekerjaannya di sore hari. Padahal hasil tugas itu harus segera dikirim pagi hari. Pergilah kemeja rekan kerja anda untuk berbagi cerita. Obrolan singkat itu dapat menyegarkan pikiran anda. Namun jangan sampai kunjungan anda itu mengganggunya. Selain itu bila kebosanan sudah memuncak Anda bisa mengalihkan sementara pekerjaan Anda itu ke hal lain. Misalnya dengan membereskan meja kerja. Mengubah tata letak meja kerja dan tampilan layar komputer atau warna tema bentuk huruf dan lain-lain. Juga bisa membantu mengusir rasa bosan serta menyegarkan pikiran. Situasi yang baru ini seakan akan membuat anda merasa mengerjakan tugas yang baru.

3 pegal

Anda pasti pernah merasa sakit punggung atau pinggang saat di kantor. Atau jari jari kebas mata perih dan letih. Rasa lelah dan pegal ini muncul karena anda selalu berada dalam posisi yang sama atau melakukan aktivitas menonton dalam waktu yang lama. Misalnya terlalu lama duduk berdiri menunduk atau mengetik. Keluhan ini pasti sangat mengganggu performa kerja. Bila sering mengalami hal ini bisa bisa kondisi fisik memburuk dan berujung pada sakit yang lebih serius.

Cara Mengatasinya : 

Variasikan cara kerja anda bila pekerjaan Anda mengharuskan anda selalu duduk didepan komputer sekali-kali lakukan hal ini secara manual. Misalnya biasanya
Anda membuat catatan di komputer namun kali ini anda mencatatnya di kertas. Dengan begitu Anda bisa mengurangi iritasi mata Anda terhadap komputer. Lakukan peregangan secara rutin minimal setiap 1 jam Anda tak perlu meninggalkan meja cukup dengan mengubah posisi anda. Bila anda selama ini duduk berdiri lah sebentar lalu melakukan peregangan sederhana atau mengangkat tangan ke atas menggerakkan pergelangan tangan dan kaki. Bila memungkinkan anda bisa berjalan meninggalkan meja Anda secara berkala. Tapi kegiatan ini sebisa mungkin tetap bermanfaat. Misalnya menambah air ke dalam gelas ke toilet mengantarkan bekas kemeja rekan kerja memfotokopi berkas dan lain-lain. Selain itu Perbanyaklah minum agar terhindar dari sakit pinggang.

4 mengantuk

Mengantuk bisa disebabkan pola makan tidak teratur. Kondisi perut yang kosong atau terlalu penuh dapat menyebabkan Anda kekurangan asupan oksigen sehingga kondisi tubuh menurun dan mengantuk. Walau tidur yang tidak teratur juga sangat mempengaruhi timbulnya rasa kantuk di kantor suasana kerja yang terlalu sepi dan cuaca yang terlampau dingin juga sangat mungkin membuat anda mengantuk.

Cara Mengatasinya :

Meski pekerjaan sangat menumpuk jangan lupakan waktu sarapan dan makan siang. Pergilah makan siang di waktu yang telah disediakan. Makanlah dengan porsi yang cukup dan tidak membuat anda kekenyangan atau justru masih merasa lapar. Konsumsi air mineral yang cukup juga bisa mengurangi rasa kantuk. Kurangi kebiasaan begadang agar anda Prima Di keesokan harinya. Jangan lupa melakukan kegiatan berat di malam hari sehingga mengakibatkan Anda kelelahan Di keesokan paginya. Persiapkan diri Anda dengan membawa baju hangat dan mendengarkan musik kesukaan Anda agar suasana Kantor tidak terlalu hening. Pergilah ke dapur kantor lalu Buatlah teh atau kopi untuk menghangatkan tubuh atau Anda dapat juga meninggalkan meja Anda sebentar untuk mencari suasana baru agar lebih segar lagi masalah Muka Anda. Keluhan-keluhan di atas sebenarnya dapat diminimalkan bila anda mengetahui dan mengenal pasti jenis pekerjaan dan situasi kantor. Dengan begitu Anda bisa mengantisipasinya lebih cepat.


EmoticonEmoticon