Sabtu, 07 April 2018

Manfaat Dan Kegunaan Rencana Anggaran Tahunan

Manfaat Dan Kegunaan Rencana Anggaran Tahunan. Bagaimana cara membuat rencana anggaran keuangan yang sederhana dan mudah dilaksanakan inilah caranya.

Tak hanya perusahaan atau institusi tertentu saja yang perlu menyiapkan rencana anggaran keuangan tahunan. Kita yang sudah berkeluarga atau pun yang masih sendiri sebaiknya juga mempunyai rencana anggaran keuangan. Rencana anggaran keuangan sangat penting Adapun kegunaan rencana anggaran tahunan antara lain sebagai berikut:

Manfaat Dan Kegunaan Rencana Anggaran Tahunan

  1. membantu. Kita dalam memperkirakan pendapatan dan pengeluaran yang terjadi dalam periode tertentu sehingga kita dapat memperkirakan terdapatnya kelebihan dan kekurangan dana.
  2. bila kita. Memperkirakan terdapat kelebihan dana maka kita dapat merencanakan langkah-langkah untuk menggunakan kelebihan dana tersebut agar harta kita dapat dimanfaatkan secara optimal.
  3. bila kita memperkirakan terdapat kekurangan dana maka kita dapat merencanakan langkah-langkah untuk menanggulanginya.
  4. membantu kita untuk disiplin dalam membelanjakan uang kita karena kita dikondisikan untuk menggunakan uang kita sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya.


Tiga perkiraan pokok penting

Penyusunan neraca keuangan pada dasarnya terdiri dari 3 perkiraan pokok yaitu pendapatan pengeluaran dan kelebihan/kekurangan dana.

1 pendapatan

Pendapatan dapat dipisahkan atas pendapatan pokok dan pendapatan lainnya. Pendapatan pokok mencakup gaji upah dan berbagai tunjangan yang rutin sifatnya sedangkan pendapatan lainnya mencakup bonus tunjangan hari raya dan hasil pengembangan harta seperti bunga deposito deviden saham dan sebagainya.

2 pengeluaran

Pengeluaran dapat dipisahkan atas pengeluaran rutin dan nonrutin.
Kelebihan dana. Agar kita memperoleh manfaat yang optimal kelebihan dana dapat diinvestasikan dalam berbagai bentuk misalnya dalam bentuk deposito tabungan saham atau reksadana. Kelebihan dana dapat terjadi pada bulan-bulan tertentu dalam suatu periode di mana pengeluaran kita relatif sedikit agar pengeluaran kita relatif stabil disarankan untuk membagi kebutuhan non rutin pada bulan-bulan yang berbeda.

3 Kekurangan dana

Pada dasarnya kita harus berusaha untuk menyeimbangkan antara pendapatan dengan pengeluaran. Namun kadang kita menghadapi masalah yang tidak dapat dihindari kebutuhan mendadak yang tidak dapat ditunda atau kesalahan dalam memperkirakan harga barang tertentu yang menyebabkan jumlah pengeluaran yang telah kita rencanakan sebelumnya mengalami peningkatan. Kekurangan dana dapat kita Tanggulangin dengan beberapa cara seperti: menunda atau mengurangi jumlah pengeluaran yang kurang mendesak kurang perlu pada bulan tersebut mengeluarkan tabungan dan menjual sebagian harta (misalnya emas). Kemudian bila tak ada tabungan atau harta yang menganggur kita dapat meminjam pada sumber-sumber tertentu.


EmoticonEmoticon