Minggu, 29 April 2018

Panduan Cara Install XAMPP Terbaru (Lengkap+Gambar)

Tutorial Panduan Cara Mudah Installasi XAMPP Terbaru Untuk Pemula (Lengkap+Gambar) PC/Komputer (Windows) ~ hallo sobat kali ini admin nama blog anda akan memberikan tutorial lengkap mengenai cara install xampp.

Xampp merupakan pengganti server hosting bagi kita yang ingin sekali belajar membuat sebuah website. meski kita semua tau untuk membangun website dituntut untuk memiliki domain dan hosting, nah bagi anda yang mungkin masih dalam tahap pembelajaran sangat disarankan belajar melalui server hosting di PC ini.

Kita bisa menggabungkan beberapa bahasa pemrograman sebagai interfacenya ( aplikasi untuk membuat tampilan program). kemudian menginstall MySQL sebagai database. dan apache sevagai webserver, (yang mengelola web). Untuk memudahkan menjalankan beberapa perangkat lunak tersebut kita harus menggunakan XAMPP.

Perangkat lunak XAMPP merupakan perangkat lunak webservice yang paling banyak digunakan pada saat ini selain proses penginstallan yangsangat mudah, dan banyak sekali panduan trouble shoot untuk mengatasi permasalahan aplikasi ini. Pada saat instalasi XAMPP secara otomatis juga menginstall PHP, MySQL dan Apache.

Untuk mendapatkan aplikasi ini anda bisa mengunjungi web resmi apachefriend.org, nah untuk tidak membuang waktu mari silahkan simak prosesinstalasi nya berikut ini :

Cara Install XAMPP di PC/Komputer (Windows)

1.Silahkan Unduh aplikasi nya di web resmi berikut XAMPP

2. Dalam kasus ini saya memilih versi yang paling baru , agar mendapat fitur yang lengkap + Full Support

Cara Install XAMPP

3. Setelah selesai proses pengunduhan /Download sekarang mulai ke proses instalasi XAMPP nya, silahkan klik 2 X pada aplikasi unduhan tersebut.

4. Jika kalian mendapati eror yang seperti ini, untuk langkah ini bisa anda skip terlebih dahulu dengan menekantombol OK

Cara Install XAMPP

5. Maka akan muncul jendela halaman Setup XAMPP, Pada jendela hamalam setup XAMPP silahkanklik tombol NEXT.

Cara Install XAMPP

6. Silahkan centang semua pada kolom berikut lalu klik NEXT

Cara Install XAMPP

7. Silahkan pilih folder direktori tempat File XAMPP akan diinstall, (Sangat disarankan untuktidak menggantinya) supaya anda tidak bingung.

Cara Install XAMPP

8. Lanjutkan proses instalasi dengan mengklik tombol NEXT

Cara Install XAMPP

9. tunggulah sampai proses unpacking files selesai dilakukan

Cara Install XAMPP

10. Sampai pada tahap ini kita sudah berhasil menginstall XAMPP dikomputer, untuk mengakhiri proses penginstallan bisa mengklik tombol FINISH. lalu silahkan pilih bahasa yang diinginkan

Cara Install XAMPP

Proses penginstallan XAMPP kini sudah selesai, langkah selanjutnya adalah menjalankan webserver dikomputer. untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak dikomputer silahkan simak langkah lengkapnya berikut ini:

Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP di Komputer

1. Menjalankan aplikasi XAMPP ini sangat beragam sekali caranya, kita bisa memulainya dengan menekan Tombol start diwindows, lalu ketik dipencarian XAMPP control panel, jika sudah muncul klik icon tersebut,

2. maka terbukalah paneljendela halaman XAMPP control panel seperti dibawah ini silahkan kliktombol start untuk memulai menjalankan aplikasinya

Cara Install XAMPP

3. Untuk mengetahui aplikasi berjalan dengan sempurna maka akan ditandai dengan sorot berwarna hijau seperti ini

Cara Install XAMPP
4. Langkah selanjutnya kia akan mengetes apakah server localhost sudah bisa dijalankan di komputer kita silahkan buka browser anda lalu ketikan http://localhost/xampp/ jika berhasil maka akan muncul halaman seperti ini

Cara Install XAMPP
Finish, sekarang webserver anda sudah bisa digunakan dan berhasil dipasang, demikianlah tutorial panduan lengkap cara install XAMPP smoga cara ini dapat membantu anda dengan jelas .


EmoticonEmoticon