Jumat, 13 April 2018

Penting Merawat Kulit Di Area Tersembunyi

Jangan lupakan daerah tersembunyi. Area kulit tersembunyi ternyata sangat penting untuk dirawat. Jika diabaikan akan menimbulkan gangguan kulit yang serius. Simak ulasan dan cara perawatannya yang dirangkum berikut ini.

Leher dan belahan payudara

Kulit yang berada di leher dan belahan payudara merupakan kulit yang sangat tipis. Kulit di sekitar bagian ini memiliki kelenjar minyak lebih sedikit dan lebih sensitif dibanding kulit wajah. Hal ini membuatnya lebih mudah iritasi. Seringkali kita luput mengoleskan krim kulit di bagian leher dan belahan payudara. Padahal kulit di area ini butuh perawatan yang sama pentingnya dengan kulit wajah. Jika tidak dilindungi dan dirawat area lipatan leher akan lebih mudah keriput dan muncul noda hitam.sedangkan pada bagian payudara bisa muncul bintik kemerahan atau bersisik karena kering. Gejala yang timbul di leher tersebut merupakan kerusakan kulit yang biasanya timbul akibat dari sengatan sinar matahari. Oleh karenanya selalu gunakan krim pelindung sinar matahari yang juga mengandung vitamin E di area tersebut. Kulit yang selalu terjaga kesehatan dan kelembabannya dapat mencegah resiko kanker kulit. Anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun pada belahan payudara agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Yang terpenting jangan lupa dibersihkan agar keringat dan kotoran yang menempel terangkat sempurna.



Payudara

Payudara adalah bagian yang sangat sensitif. Area kulit di sekitar payudara sangat tipis Lebih lembut dan sangat peka terutama di sekitar area puting susu atau areola. Oleh karenanya diperlukan perawatan yang ekstra hati-hati. Sebaiknya jangan menggunakan sabun kecuali saat payudara sangat kotor. Karena belum tentu semua jenis sabun cocok dan aman digunakan pada kulit area payudara. Jika kandungan sabun tidak cocok kulit di sekitar payudara menjadi kering. Hindari juga menggosok puting susu dengan handuk yang kasar karena bisa menyebabkan perih dan luka. Bersihkan kulit di area payudara dengan handuk yang sudah direndam air hangat Lalu ucapkan dengan lembut dan keringkan. Agar tidak iritasi tutup bagian penting ketika membersihkan area payudara. Lakukan Cara ini dalam keadaan posisi tubuh terlentang. Untuk menjaga kelembaban kulit payudara oleskan minyak yang mengandung almond atau zaitun setiap 2 hari sekali serta melakukan perawatan dengan menggunakan masker payudara. Masker payudara bermanfaat untuk mengencangkan menghaluskan kulit memperindah bentuk payudara serta memperlambat timbulnya keriput. Gunakan bahan bra yang baik dan nyaman agar kulit terhindar dari iritasi dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Sekitar vagina

Vagina memiliki tingkat keasaman sendiri untuk melindungi serangan kuman dan bakteri. Penggunaan cairan tertentu justru bisa menghasilkan Tingkat keasamannya atau PH. Oleh karenanya jangan melakukan doucing atau cuci vagina terlalu sering. Vagina mengandung bakteri baik untuk mempertahankan PH agar tidak mudah terkena infeksi bakteri yang berbahaya dan menghambat pertumbuhan jamur. Melakukan doucing terlalu sering justru bisa mematikan bakteri baik. Agar tetap bersih cukup basuh vagina dengan air bersih yang mengalir. Ganti pembalut secara rutin jika sedang menstruasi. Malas mengganti pembalut akan menyebabkan area vagina semakin lembab sehingga jamur dapat tumbuh subur. Bagian selangkangan atau paha dalam juga harus diperhatikan. Kotoran kerap hinggap sehingga kulit di area ini mudah menghitam. Bersihkan dan sabun yg bagian ini setiap mandi dengan cara digosok menggunakan sabun atau scrap. Setelah kering oleh si pelembab di sekitar selangkangan dan jangan sampai mengenai vagina.

Jari kaki

Biasanya kita suka terburu-buru dalam mengoleskan pelembab atau membersihkan bagian kaki sehingga kulit di area jari kaki terabaikan. Padahal kulit di area kaki paling rentan dihinggapi kotoran terutama area di sela-sela jari kaki. Jika tidak terawat kulit di area ini jadi kering kusam dan berwarna kehitaman. Akibatnya bisa timbul bau kaki tak sedap. Cara merawat kulit di area kaki tidak sulit. Seandainya baskom yang cukup untuk merendam kaki. Isi dengan air hangat Lalu campurkan 4 sendok makan garam mandi atau garam dapur. Kemudian rendam kaki selama 10 sampai. Setelah itu cuci kaki dengan menggosokkan scrap di sela-sela jari kaki. Jangan lupa bersihkan juga kuku jemari kaki dengan bantuan sikat gigi bekas yang digosokkan pada kuku kaki anda dan bilas dengan air bersih. Setelah kering oleskan pelembab kulit atau pelembab khusus kaki di sela sela jemari kaki. Pemberian pelembab ini hendaknya dilakukan setiap hari sehabis mandi agar kulit tersembunyi tetap terjaga kelembabannya.


EmoticonEmoticon