7 Media Online Terbaik Untuk Promosi Bisnis Dan Jualan Online

5/5 (2)

Media online kini sangatlah dibutuhkan untuk keperluan bisnis. Misalnya seperti promosi, menjual barang dagangan atau ingin memasarkan dan mengenalkan produk yang kita punya. Di jaman sekarang ini, dunia online sangat begitu cepat perkembangannya. Dimulai dari kemajuan di bidang sosial media atau jejaring sosial yang dapat menghubungkan ke orang banyak. Ini dapat dijadikan sebuah peluang untuk melakukan pemasaran bisnis yang tepat. Berikut admin namabloganda rangkum mengenai 7 media online terbaik untuk melakukan promosi bisnis dan jualan online.

Penjualan saat ini tidak hanya offline saja yang biasanya kita lihat setiap hari. Income penjualan online, jauh amat lebih besar ketimbang offline jika anda pandai melakukannya. Termasuk pemasaran, yang kini bisa kita jangkau seluruh indonesia ataupun dunia hanya bermodalkan fasilitas seperti wadah atau media online. Untuk modal yang dikeluarkanpun jauh lebih minim ketimbang melakukan pemasaran di dunia offline seperti banner iklan di jalanan atau sejenisnya.

Berjualan dan pemasaran itu saling berkaitan satu sama lain. Ketika kita menghilangkan satu kaidah berdagang, penjualan tidak akan maksimal hanya mengandalkan produk dan juga barang. Itulah mengapa pemasaran sangat dibutuhkan penjual dalam melariskan produk yang mereka jual.

Media Online Terbaik Untuk Promosi
Media Online Terbaik Untuk Promosi

Apakah kamu salah satu penjual ?, nah ini cocok banget buat kamu yang ingin memulai berjualan di jaman sekarang. Kita dapat memanfaatkan teknologi serta jejaring sosial yang mampu menjangkau dan mempromosikan produk anda sampai luas, lokal bahkan sampai dunia.

1. Youtube

Youtube adalah salah satu platform terbaik untuk melakukan promosi. Ketika ada sesuatu yang kalian ingin jual, kalian wajib membangun image serta brand di youtube. Orang biasa menggunakan youtube untuk promosi ke audiens atau penonton. Karena promosi di youtube, termasuk salah satu yang paling efektif.

Apalagi sekarang pengguna youtube terus bertambah setiap hari. Jadi pastinya, untuk urusan promosi, jangan di khawatirkan lagi deh pokoknya karena audiensnya banyak sekali dan aktif manusia. Sangat cepat dan bagus untuk menaikkan nama brand dengan mengiklan ke konten creator di youtube.

2. Instagram

Selain youtube, instagram juga berperan penting dalam melakukan promosi. Termasuk saya sendiri, ketika ada yang ingin saya promosikan, langkah pertama yang saya ambil adalah dengan melakukan pemasaran di instagram. Potensi laku barang itu sangat cepat sekali, karena instagram adalah user aktif semua dan pastinya lokal indonesia.

Instagram ini termasuk sosial media dengan user aktif terbanyak setelah facebook. Namun siapa sangka, orang jadi menggunakan platform ini multifungsi. Dan sekarang, instagram juga telah menambahkan fitur yang namanya market place. Ini sangat berguna sekali bagi para pelaku bisnis di sosial media instagram.

3. Blog / Website

Selain rekomendasi sosial media, ternyata blog dan website juga bisa digunakan sebagai media promosi. Nah, blog ini biasanya digunakan pala pelaku bisnis online juga. Kalian dapat menggunakan media ini untuk promosi dalam jangkauan yang luas, yakni lokal serta dunia.

Menurut saya pribadi, blog ini sangatlah tepat untuk mengiklan. Ada begitu banyak blog di internet yang dapat kalian hubungi pemiliknya untuk melakukan pemasangan iklan. Yakni, blog dan website ini harganya terjangkau dan anda mendapat imbalan audiens yang banyak untuk melihat produk anda.

4. Market Place

Siapa nih yang gak tau market place ?, Pernah saya bahas di artikel saya yang sebelumnya. Dapat kalian baca dibawah ini.

Baca Juga : Online Shop Terbaik di Indonesia (Toko Online).

Tokopedia, Bukalapak, Shopee kini juga dapat digunakan sebagai media untuk penjualan. Sekaligus transaksi, kini di market place terbaik di indonesia juga menyediakan space untuk penjual di seluruh indonesia. Siapapun dapat menggunakan platform ini untuk berjualan tanpa dikenakan tarif apapun.

Penasaran ingin mencoba ?, silahkan di coba aplikasinya di link diatas tadi.

5. Facebook

Kemudian selanjutnya ada Facebook. Facebook juga termasuk salah satu sosial media terbaik di dunia. Keunggulan facebook adalah teman lokal dan terdekat sesuai wilayah. Dan sekarang facebook mempunyai fitur grup, marketplace sendiri, dan lain lain yang dapat digunakan untuk bisnis.

Termasuk penjualan online, facebook juga dapat dimanfaatkan untuk pemasaran. Kalian mungkin sebelumnya sudah pernah tahu dari teman terdekat, namun ini sekedar informasi untuk menambah wawasan anda saja. Jadi, jika kalian belum tahu, silahkan ulik dulu mengenai facebook.

6. WhatsApp

Peran whatsapp sendiri sebenarnya hanya sebagai media untuk menghubungi atau kontak admin dari penjual. Biasanya ketika anda melakukan pemasaran di mana saja, pasti kamu meletakkan info kontak yang dihubungi. Nah, disinilah peran whatsapp yang sebenarnya.

Bukan berarti ini hanya aplikasi chatting namun tidak bisa untuk promosi. Kalian tetap dapat melakukan promosi menggunakan whatsapp di bagian status. Status ini dapat dibuat sebagai media promosi juga loh. Karena biasanya whatsapp ini hanya teman terdekat saja yang mengetahui anda berjualan apa dan bisa langsung kontek ke nomor tsb.

7. Forum

Yang terakhir adalah forum. Nah, Forum Seperti Apa nih ?.

Forum itu bisa berbentuk seperti kaskus, bjb (bursa jual beli), dan tempat berkumpulnya sekian orang. Disini forum juga sangatlah penting untuk melakukan promosi, karena forum itu termasuk banyak juga usernya.

Kalau kalian ingin menjual sesuatu, jual lah di forum karena persentase untuk laku itu besar. Dan saya sendiri juga salah satu yang termasuk menggunakan media online forum sebagai pemasaran.

Ingin coba ?, Yuk lah langsung di coba sob!.

Nilai Kualitas Konten