Apakah Benar Youtube Bisa Menghasilkan Uang ?

5/5 (1)

Hai gaes, kembali lagi bersama admin dari blog ini. Saya akan sedikit menjawab beberapa pertanyaan umum yang orang tanyakan ke saya. Yaitu pertanyaannya adalah Apakah benar youtube bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah ?. Semua penjelasan dan bagaimana cara youtube membayar publishernya akan saya bahas semuanya di artikel ini. Semoga bisa membantu dan bisa menginspirasi ya. Silahkan di simak.

Anak muda zaman sekarang hidup di era serba digital. Mulai dari lagu hingga buku semuanya ada versi digitalnya. Youtube adalah salah satu situs pemutar video dunia ini yang punya konten beragam. Mulai dari video musik, episode salah satu kartun favorit anda hingga tutorial make up pun ada.

Semua orang bisa mengunggah kontennya masing-masing semaunya, asal masih dalam batas guideline Youtube. Ada video yang mungkin cuma dilihat anggota keluarganya sendiri atau orang lain. Fenomena yang seringkali buat heran adalah munculnya tren Youtuber sebagai profesi yang katanya cukup menjanjikan.

Menghidupkan opsi monetization di akun Youtube

Pertama, akun Youtube anda memang harus disetting secara manual yaitu untuk mengaktifkan fitur monetization. Istilah dengan mengaktifkan fitur ini, anda memberi tahu Youtube bahwa diri anda ingin mendapat kompensasi uang.

Apakah Benar Youtube Bisa Menghasilkan Uang
Apakah Benar Youtube Bisa Menghasilkan Uang

Tapi tidak semua akun bisa langsung mendapat balasan uang dari Youtube. Akun anda harus paling tidak bernilai $100 per bulan, baru Youtube mau mencairkan gaji anda. Nilai sebuah akun itu ditentukan oleh beberapa faktor.

Uang di Youtube berpusat pada iklan

Perlu diketahui, sumber income youtube biasanya berasal dari Google Adsense. Masih satu platform juga milik google, kalian dapat mengkombinasikan untuk memulai menghasilkan uang di youtube. Berikut penjelasan yang lebih lengkapnya.

1. Viewer penonton iklan

Meski yang terlihat adalah jumlah views dan subscribers, tapi yang lebih penting adalah jumlah mereka yang melihat iklan-iklan yang ada di halaman video anda paling tidak selama 30 detik. Jumlah orang itulah yang bisa diterjemahkan ke bilangan uang oleh Google AdSense.

2. Harus memiliki Akun Adsense

Disamping mengaktifkan monetization di akun Youtube anda, anda juga harus membuat akun AdSense tersendiri. Disanalah anda akan mengisi alamat, metode, dan hal-hal lain tentang pembayaran.

3. Cara Kerja AdSense

Youtube itu sebenarnya adalah produk Google. Semua urusan iklan atau adsnya Google diurus oleh Google AdSense. Makanya kalau akun Youtube anda bisa mencapai threshold atau ambang batas $100 dari jumlah bayaran iklan, anda bisa mulai mendapat bayaran.

Naik turunnya gaji tergantung iklan

Besaran uang gaji Youtube memang ditentukan oleh iklan, tapi untuk mendatangkan penonton iklan itu anda harus punya pengikut setia supaya gaji anda stabil dan bisa naik terus. Makanya dalam konteks itu, jumlah subscribers dan views juga penting. Bagus tidaknya konten mungkin akan menentukan viralitas atau views sebuah video.

Guna Subscribers

Subscriber di Youtube memang tak memiliki dampak langsung terhadap income yang akan anda terima dari Youtube. Akan tetapi bukan berarti subscribers tidak penting.

Semakin banyak yang subscribe, artinya video anda akan semakin sering nampang di feeds milik orang-orang. Dari situ kemungkinan video anda dilihat orang akan semakin tinggi. Pada akhirnya, klik untuk video tersebut akan menghasilkan uang buat anda juga. Jadi jangan meremehkan subscribers.

Cara mencairkan uang

Buat anda yang belum tau seputaran uang dari Google Adsense, kursnya menggunakan kurs Dollar. Uang dari Google Adsense ini akan sampai di tangan anda lewat tiga cara yang bisa anda pilih sendiri sesuai preferensi.

Pertama melalui ATM. Uang dari Google AdSense akan ditransfer ke rekening bank milik anda. Jadi pastikan bank anda bisa menerima transfer dari akun luar negeri terlebih dahulu ya sebelum memilih opsi ini.

Cara kedua adalah dengan menggunakan cek. Nanti ceknya akan dikirim ke alamat yang anda tuju. Cara terakhir adalah menggunakan Western Union. Jadi nanti anda mencairkannya melalui kantor pos. Dari ketiga cara tersebut, anda bisa memilih yang mana sesuai dengan yang anda minta.

Ada alasan tertentu kenapa bisnis konten video di Youtube ini jadi menarik untuk anak muda. Salah satu keuntungannya adalah anda bisa mengembangkan konten video sesuka anda, bahkan dari hobi yang anda suka pun bisa.

Nilai Kualitas Konten