Cara Belajar Blog Secara Otodidak [Tanpa Guru]

No ratings yet.

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemain blogger juga. Ingin memberikan sebuah informasi yang penting mengenai cara belajar blog otodidak. Otodidak adalah tipe orang yang belajar sendiri tanpa adanya guru. Biasanya tipe orang seperti ini akan sedikit sulit untuk belajar, namun disisi lain cara belajar inilah yang paling menguasai semua hal. Bedanya orang yang belajar dengan guru dan orang yang belajar sendiri ada pada pengetahuannya. Seseorang yang otodidak jauh lebih unggul ketimbang orang yang belajar dengan guru. Berikut inilah cara belajar blog otodidak versi Namabloganda.

Belajar otodidak itu memanglah sulit sekali karena saya sendiri juga mengalaminya. Berawal dari kekurangan biaya, yang membuat pilihan seseorang menjadi otodidak. Bahkan, ketika kita ada kesulitan ditengah jalan. Tak akan ada yang mau membantu sobat untuk menyelesaikan suatu masalah. Nah, pada saati itulah sobat harus mencari sendiri referensi sekaligus mengalami percobaan sendiri.

Untuk jaman sekarang ini, belajar blog secara otodidak tidaklah sulit. Karena hampir semua bentuk informasi sudah ada di google. Tinggal kitanya lagi ingin mempelajarinya atau tidak. Satu hal yang akan menimpa sobat karena ketidaktahuan didalam ilmu akan direndahkan semua orang. Bagi seorang pemula, pasti akan sulit menguasai materi karena memang tidak ada bawaan mengenai dasar ilmu IT.

cara belajar blog otodidak

Oleh karena itu, sobat bisa gunakan beberapa tips agar tetap bisa mengerti walaupun hanya belajar otodidak (Paket Hemat). Fungsinya saya disini sebenarnya hanya ingin membimbing sobat yang kekurangan biaya dalam hidup sehingga sobat harus belajar sendiri.

Metode Belajar Blog Otodidak

3 Tahun yang lalu, saya sudah habis habisan belajar di dunia blogging secara sendirian. Dan itu semua sangat menyakitkan. Maka, belajar dari pengalaman yang saya miliki. Tidak akan rugi memberikan ilmu yang bermanfaat kepada sobat sekalian dalam pembelajaran di dunia blogger. Tips ini bisa sobat lakukan, melalui beberapa point dibawah ini.

Mencari Referensi di Internet

Selama ini yang hanya bisa kita andalkan melalui internet. Memang kurang lebih sedikit banyak semuanya sudah ada di internet. Kalian tinggal mencari keluhan kalian apa dan apa yang ingin dipelajari. Semuanya sudah tersedia di internet.

Saran saya, lebih baik belajar lewat forum forum internet atau di blog barat. Karena menurut saya, disana sangat lengkap dan ada master yang bisa mengajarkan kita secara gratis.

Mencari Rekan Yang Berpengalaman

Selain mengandalkan pencarian dari google, tips selanjutnya adalah dengan mencari rekan yang berpengalaman. Carilah seseorang yang bisa kamu andalkan untuk bertanya tanpa harus membayar. Ini bertujuan untuk menggantikan peran guru sebagai arahan sobat harus kemana.

Saya pribadi, kadang juga sering membagikan ilmu saya kepada blogger pemula. Silahkan kalian tanya – tanya saja kalau saya sempat pasti saya akan balas. Mencari rekan ini dapat membuat sobat bersemangat untuk belajar. Walaupun otodidak dijamin ilmu yang didapatkan gak kalah jauh dengan yang ada guru.

Belajar Dari Blog Yang Berpengalaman

Carilah blog yang sudah memiliki reputasi baik, maaf saya gak bisa menyebutkannya satu persatu. Silahkan kalian analisa sediri, blog mana yang cocok untuk dipelajari. Karena saat ini sudah ada begitu banyak blog yang bisa digunakan untuk panduan blogging.

Ada kelebihan dengan belajar yang lebih berpengalaman. Sisi plusnya, karena ia sudah banyak mengalami kegagalan. Dari situ sobat akan dibimbing melalui artikel yang dicetak setiap harinya.

Membeli Buku

Selain itu, dengan membeli buku sobat juga dapat belajar blog dengan mudah. Buku adalah sumber informasi yang tidak ditulis dengan sembarangan. Semuanya melakukan proses hingga sampai pada titik sempurna. Oleh karena itu, dengan buku adalah media yang paling tepat dan akurat jika ingin mempelajari sesuatu termasuk blog juga.

Bedanya buku dengan referensi di internet adalah semuanya dimulai dari awal bahkan sampai pada pengertian di setiap kata. Jadi, kita pasti mudah mengerti dari apa yang disampaikan oleh buku. Silahkan kalian cari ebook atau buku tentang blogging dan juga keperluan sobat yang ingin dipelajari.

Belajar di Blog Saya

Saya mempunyai blog tersendiri untuk membagikan suatu referensi yang bisa sobat nikmati secara gratis. Disini tempatnya saya berbagi semua ilmu yang saya tau. Jika berkenan, sobat bisa belajar gratis disini. Semua yang saya sajikan disini sangat bermanfaat dan sangat cocok sekali untuk para blogger pemula yang baru terjun.

Akhir akhir ini saya sangat banyak sekali membagikan tutorial blog. Sobat bisa melihat langsung dari daftar isinya sebagai berikut.

Kesimpulan

Dari beberapa point pokok yang saya sampaikan tadi. Semoga bisa bermanfaat dan kalian praktekkan untuk cara belajar blog otodidak. Otodidak sekarang sudah mudah, jadi jangan dipersulit lagi. Semua sudah ada dan itu tergantung anda. Ingin belajar atau tidak. Demikianlah informasi sedikit mengenai ini. Semoga bisa bermanfaat dan Diaplikasikan pada diri sobat. Semoga Membantu Dan Terimakasih Telah Membaca.

Nilai Kualitas Konten