Cara Mengaktifkan Kartu Sim Habis Masa Tenggang, Mati, & Hangus

5/5 (2)

Halo sob!, jumpa lagi bersama saya admin kahfie. Hari ini saya akan membahas mengenai bagaimana sih cara mengatasi kartu sim yang habis masa tenggang. Biasanya orang akan khawatir ketika kartu sim mereka habis masa berlaku atau masa aktif, kartu sim hangus, mati dan lain sebagainya. Dan trik yang akan saya bagikan hari ini, menyangkut semua penyedia layanan operator seperti telkomsel, loop, as, simpati, indosat, xl, axis, three sekaligus saya bahas pada pembahasan hari ini.

Kartu sim yang sudah hangus dan habis masa tenggang, akan sulit sekali untuk mengaktifkannya kembali. Akan lebih baik, kita menjaga masa aktif dan menggunakan paket perpanjangan masa aktif dari semua provider atau oeprator. Itu semua termasuk telkomsel, loop, as, simpati, indosat, xl, axis, three, yang memiliki kode dial rahasia di setiap masing masing operator. Kalau kita sebelumnya sudah terlanjur lalai dalam masa aktif sebuah kartu sim. Disini saya akan memberikan anda pencerahan sedikit untuk bagaimana cara mengaktfikannya kembali dan cara mengatasinya.

Cara Mengaktifkan Kartu Sim Habis Masa Tenggang
Cara Mengaktifkan Kartu Sim Habis Masa Tenggang

Jujur saja, saya telah banyak kehilangan kartu pribadi atau personal saya karena sering melalaikan masa aktif kartu serta masa tenggangnya. Masa aktif kartu dan masa tenggang, itu dua hal yang berbeda. Jika kamu kurang mengetahuinya, seperti ini ilustrasinya :

Jika Masa aktif kartu sim terlewatkan, masih termaafkan dan dapat diperpanjangkan
Sedangkan, Masa tenggang kartu sim terlewatkan, sebenarnya sudah dianggap hangus alias sinyalnya akan hilang dalam hitungan beberapa hari yang sudah ditetapkan oleh semua penyedia operator kartu sim di indonesia.

Karena setiap operator kartu sim di indonesia berbeda beda dan kode dialnya juga berbeda. Disini saya akan memperlebar penjelasan menjadi per bagian, tentunya akan sesuai dengan kartu sim yang biasa orang gunakan sebagai kontak personal mereka. Oleh karena itu, kita lihat lebih lanjut dan sesuaikan pada jenis simcard yang kamu gunakan sekarang ini.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Habis Masa Tenggang / Hangus

Untuk pengguna kartu telkomsel, as, loop, dan beberapa jenis kartu telkomsel lainnya. Sudah pernah saya bahas di bawah ini :

Baca Disini : Solusi Kartu Sim Mati Telkomsel (Semua Jenis)

Tetapi, tetap akan saya jelaskan disini juga.

Kebetulan, pengguna telkomsel ini lebih banyak dan mayoritas yang biasa kita gunakan di indonesia. Terkenal dengan sinyalnya yang kuat dan jarang banget gangguan. Namun, apabila salah satu kontak personal anda menggunakan layanan telkomsel kemudian kartu sim tersebut habis masa tenggang.

Seperti yang kita tahu, bahwa telkomsel mempunyai kriteria seperti berikut ini :

  1. Kartu telkomsel yang sudah lewat dari 15 hari masa tenggang, maka sudah dianggap hangus dan tidak dapat di aktifkan kembali.
  2. Sebelum 15 hari kartu telkomsel yang sudah lewat masa tenggang, masih dapat diaktifkan kembali dengan melakukan perpanjangan atau migrasi ke kartuHalo. Dapat Langsung datang Ke Grapari Terdekat loh, Info Grapari ada disini : Grapari Telkomsel.
  3. Perpanjangan Kartu Telkomsel (Simpati) Dapat Melakukan Perpanjangan Masa Aktif dengan Pengisan Pulsa Atau dial ke *999#.
  4. Perpanjangan Masa Aktif Kartu Telkomsel (Loop & AS) Tidak dapat melakukan pembelian masa aktif dengan pulsa. Karena masa aktif telkomsel loop dan as akan bertambah dari penggunaan pulsa, Bukan dari pengisian ulang pulsa

Adapun beberapa orang yang berhasil dengan Menggunakan Teknik dari JagoanKode : Mengaktifkan Kembali Kartu Telkomsel Yang Habis Masa Tenggang

Dan cara diatas tadi khusus untuk pengguna telkomsel, loop, as, simpati. Jika kalian menggunakan operator simcard yang lain. Kalian tetap dapat melihat beberapa cara dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Kartu Indosat Habis Masa Tenggang / Hangus

Bagi pengguna indosat ooredo, kalian dapat mematuhi persyaratan yang ditetapkan oleh indosat sendiri. Karena ada beberapa orang yang berhasil registrasi ulang kartu indosat. Dan terkadang juga akan ada yang gagal karena tidak sesuai dengan kriteria seperti contoh provider telkomsel diatas tadi.

Untuk indosat sendiri yang masa tenggang, kalian masih dapat mengurusnya ke gerai (Service Center) indosat terdekat dan memiliki kriteria seperti berikut untuk mengaktifkannya kembali.

  1. Lapor ke Gerai / Grapari (Service Center) Indosat terdekat Sebelum 5 Hari Lewat Masa Tenggang Kartu Indosat. Jika lebih, maka biasa dianggap hangus dan tidak dapat digunakan lagi (Konsultasi aja ke grapari indosat terdekat langsung).
  2. Jika masa aktif nomor yang digunakan habis maka akan masuk masa tenggang. Dan Masa tenggang akan diberikan 30 hari setelah masa aktif habis. Jika sudah melewati masa tenggang maka nomor akan hangus dan tidak dapat diaktifkan kembali.
  3. Biasanya Persyaratan yang dibutuhkan seperti KTP dan KK yang dibutuhkan untuk aktivasi ulang atau migrasi ke kartu lainnya.
  4. Permasalahan Biaya di Grapari Indosat, Kisaran 50k+ atau Rp. 50.000+ Untuk Keseluruhan. Yaa Tapi kalau masalah uang, bawa lebih deh sikit, nantinya kamu pulang balik jadi susah ya kan!.
  5. Disana kamu ceritakan keluhan anda, dan bagaimana jalan keluarnya. Biasanya kamu akan diberi form seperti data pribadi yang kemudian akan diajukan ke pihak indosat.
  6. Masih bisa dilakukan perpanjangan kartu/masa aktif dengan (Jika masih ada sinyal) dengan kirim sms Aktif3 (untuk 3 hari) atau Aktif7 (untuk 7 hari) atau Aktif30 (untuk 30 hari) Lalu kirim ke 555. Dan pastikan pulsa kalian cukup ya sob.

Kriteria kartu yang masih bisa diaktifkan kembali untuk pengguna indosat adalah seperti yang saya jelaskan diatas tadi. Segala bentuk ketentuan sudah memang dari pihak indosatnya.

Oleh karena itu, jagalah masa aktif dengan rajin mengisi pulsa karena kontak pribadi akan sangat disayangkan habis masa tenggang, hilang, hangus apalagi sudah mati total gak bisa digunakan lagi.

Cara Mengaktifkan Kartu XL Habis Masa Tenggang / Hangus

Lebih tepatnya, kartu XL ini biasa dipakai untuk kartu paket internetan karena terkenal sangat murah biaya-nya. Tapi, sebagian orang juga menggunakan kartu xl sebagai kontak pribadi mereka, dan permasalahan untuk kartu sim xl yang hangus, habis, masa tenggang maka lakukanlah beberapa trik dibawah ini.

  1. Persyaratan Utama Kartu XL yang hangus adalah tidak boleh lewat masa tenggangnya dari 60 Hari, dan itu sudah disebutkan langsung dari website resmi xl nya.
  2. Datanglah ke XL Center terdekat dan bawa juga materai 6000, Serta Bawalah kartu sim yang hangus tadi beserta persyaratan KK, KTP, yang dibutuhkan untuk re aktivasi kartu xl kamu yang sudah habis masa tenggang.
  3. Seluruh biaya administrasi dikenakan adalah 10k atau Rp. 10.000.

Dan itulah cara re aktivasi kartu xl yang sudah habis masa tenggang. Jika persyaratan awal sudah tidak memenuhi, maka XL Center juga tidak akan mengabulkan permohonan kamu. Jadi pastikan, kartu sim xl kamu masih memenuhi kriteria diatas seperti jangka waktu habis masa tenggangnya seperti dikatakan diatas tadi.

Cara Mengaktifkan Kartu Axis Habis Masa Tenggang / Hangus

Hampir mirip dengan XL, Kartu AXIS ini juga sama murahnya untuk internetan. Disini biasanya orang yang sudah terlanjur lama menggunakan kartu axis, akan pasti digunakan sebagai kartu utama atau kontak person mereka.

Dan persyaratan dan tata cara untuk mengaktifkan kartu axis yang hangus, habis masa tenggang, sinyalnya hilang. Kalian dapat mengikuti cara dibawah ini

  1. Persyaratan Utama Kartu AXIS yang hangus adalah tidak boleh lewat masa tenggangnya dari 60 Hari, Hampir mirip seperti kartu xl tadi, karena biasanya xl dan axis ini masih satu layanan.
  2. Datanglah ke XL Center terdekat dan bawa juga materai 6000, Serta Bawalah kartu sim yang hangus tadi beserta persyaratan KK, KTP, yang dibutuhkan untuk re aktivasi kartu axis kamu yang sudah habis masa tenggang.
  3. Seluruh biaya administrasi dikenakan adalah 10k atau Rp. 10.000

Untuk pengguna kartu sim AXIS, hampir mirip yah dengan kartu XL. Karena memang keduanya adalah satu layanan. Disini tata caranya cukup sama seperti yang saya jelaskan diatas tadi. Bisa di ikuti beberapa step diatas ya.

Cara Mengaktifkan Kartu Three (3) Habis Masa Tenggang / Hangus

Bagi pengguna kartu 3 three saya kurang tahu lebih dalam, karena memang saya jarang banget menggunakan kartu three ini. Tetapi, bukan berarti saya tidak pernah mengguankan kartu three ini. Bagi sebagian orang, kartu three ini juga digunakan sebagai kartu pribadi atau personal mereka.
Dan untuk kamu yang menggunakan kartu three ini, kamu bisa juga mengaktifkannya kembali dengan beberapa syarat. Kalian dapat mengikuti instruksi sebagai berikut.

Karena tidak semua kota atau tempat tinggal kamu ada 3 Store, akan lebih baik kita menggunakan teknik menghubungi langsung pihak gerai 3 Store pusat melalui website atau sosial media mereka. Hasil wawancara saya, seperti berikut ini.

  1. Satu satunya cara adalah dengan mendatangi 3 Store, Jika tidak ada di tempat anda, maka anda harus cari di wilayah lain.
  2. Biaya administrasi keseluruhan adalah 150k atau Rp. 150.000 untuk pengurusan Mengaktifkan Kartu Three yang sudah hangus.
  3. Kalau kartunya hilang, kalian dapat melakukan pergantian kartu di 3 Store dengan biaya sekitar 10k atau Rp. 10.000
  4. Pastikan anda membawa persyaratan seperti KTP, KK dan Nomor lama yang telah hangus dan di ingat (catat) nomor lama yang ingin kalian urus di Tri Store tadi.
  5. Jangka waktu yang dapat diaktifkan kembali adalah kartu three yang belum habis masa tenggangnya lewat 10 – 30 hari (Kalau ga salah ya).

Terakhir adalah tata cara mengaktifkan kembali karu Three yang habis masa tenggang, mati dan hangus. Disini mengaktifkan kartu 3 Three jauh lebih mudah ketimbang provider lainnya. Walaupun, agak sulit mencari gerai terdekat di wilayah kalian.

Sekarang, kalian sudah paham benar bagaimana cara mengaktifkan kartu sim (ALL OPERATOR) telkomsel, loop, as, simpati, indosat, xl, axis, three yang habis masa tenggang, yang sudah mati, hilang, dan hangus.

Kesimpulan

Itulah saja ulasan kita hari ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya pembaca setia blog ini. Pengangan lebih lanjut, dapat kalian tanyakan ke masing masing penyedia di sosial media mereka (lebih fast respon di twitter). Sekarang, kalian sudah mengetahui penjelasan lebih lengkapnya. Tinggal mempraktekkan dan mengikuti alur alur diatas. Semoga bisa membantu dan terimakasih telah membaca 🙂

Nilai Kualitas Konten