Cara Mengatasi Anak Yang Susah Diatur

Anak adalah anugrah besar yang diberikan tuhan kepada kita. Sebagai orang tua, layaknya kita harus mendidik anak kita sampai bisa berdiri sendiri. Peran orang tua disini, sangatlah penting. Karena bisa jadi, rata rata perilaku anak mencerminkan bagaimana orang tua mendidiknya. Sampai satu saat kemudian anak itu susah diatur, alias keras kepala. Ini yang perlu kita hindari agar anak tidak salah langkah kedepannya. Berikut adalah cara mengatasi anak yang susah diatur versi pengalaman pribadi saya sendiri.

Saya menulis artikel ini bukan berarti saya orang tua. Saya adalah remaja tanggung yang sudah mengamati bagaimana pola pikir anak dan juga orang tua. Walaupun saya masih terbilang masih bocah, namun saya suka meneliti sesuatu. Tingkah laku teman sebaya saya, mengapa mereka sulit diatur orang tua. Dan kenapa hal seperti ini bisa terjadi.

Dijaman modern ini, anak tak selalu lepas ingin menjadi orang lain. Alias tak kunjung puas terhadap sesuatu. Biasanya anak menolak pendapat orang tuanya karena mereka mengikuti hasrat diri sendiri ketimbang isi kepala mereka. Sejauh yang saya kenal, anak jika dimanjakan dari kecil dan selalu dipenuhi apa kemauannya. Ini akan berdampak bahaya bagi anak kedepannya.

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Diatur

Oleh karena itu, inilah beberapa cara yang ampuh untuk anak yang susah diatur.

Tanamkan Prinsip Hidup

Didalam hidup yang namanya tidak akan berubah dan sulit diubah adalah prinsip. Ketika prinsip itu bagus maka jalan hidupnya akan bagus. Namun jika prinsip yang ditanam buruk dan tidak kuat maka akan selalu goyah suatu saat.

Sebenarnya anak yang susah diatur itu bagus, namun alangkah lebih baiknya lagi harus diarahkan orang tua. Karena berhubung orang tua hanya menyarankan. Disini lah peran prinsip tersebut.

Prinsip seperti apa yang harus ditanam ?. Yaitu prinsip dasar kehidupan. Kalau kalian yang membaca ini adalah orang tua, maka kalian pasti mengetahui apa yang harus dibentuk dari anak.

Melawan dan susah diatur itu termasuk ke bagian prinsip. Jadi, sebenarnya prinsip ini harus kalian tanam dari sejak dini atau waktu kecil. Agar mereka bisa berfikir sendiri apa yang seharusnya mereka lakukan.

Jangan Di Manja Dan Biasakan Hidup Susah

Anak jaman sekarang ini yang saya lihat adalah terlalu manja. Ketika manja dibiasakan sampai besar maka akan ke enakan. Dari ke enakan tersebut akan menimbulkan masalah. Yang disusahkan adalah bukan anak, lebih tepatnya yang sengsara orang tua.

Biasakan kebiasaan seperti cuci baju, cuci piring dan lainnya diserahkan kepada anak. Dengan begitu otak anak akan berkembang dan pandai memikirkan sesuatu dengan baik.

Percaya atau tidak percaya, cara itulah yang paling efektif untuk membentuk karakter pada anak. Silahkan kalian coba dan rasakan dampaknya.

Bebaskan apa keinginannya jika memang mereka sudah paham betul terhadap prinsip yang tertanam di awal.

Pendekatan Orang Tua Terhadap Anak

Terakhir adalah poin tentang dekatnya orang tua pada anak. Biasanya anak yang dekat dengan orang tua lebih patuh dan nurut. Jadi ketika orang tua yang jauh jarang memperhatikan anaknya dan berharap anak mengikuti omongannya. Itu menurut saya hanyalah omong kosong. Bagi seorang anak, kasih sayang orang tua adalah segalanya. Jadi wajarkan saja ketika anak sering membantah kepada orang tua, karena memang begitu sifat anak jauh dengan orang tua.

Jadi sempatkanlah waktu kalian dengan anak. Seperti liburan, nonton bareng, acara dan kebahagiaan lainnya. Hampir 90% anak akan patuh jika mereka dekat dengan orang tuanya.

Dari sini kita dapat belajar bahwa semuanya tidak lain tidak bukan berasal dari bagaimana cara kita mendidik. Memang jika kalian orang tua pekerja keras, tak akan menjamin anak akan menuruti perintah kita. Akan lebih baik dibentuk dari kecil agar bisa membawa pengaruh baik kedepannya. Jadi sekianlah dulu penjelasan mengenai cara mengatasi anak yang susah diatur. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi para orang tua. Saya pamit dulu dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply