Cara Mengecek Situs Blog Valid AMP Atau Tidak

No ratings yet.

Didalam tutorial kali ini, aku akan memberikan sedikit informasi untuk sobat yang sudah beralih ke template amp. Hampir 80% orang menuju situs kita menggunakan smartphone (mobile). Jarang sekali orang yang menggunakan laptop kalau untuk sekedar browsing sekarang. Terlebih lagi pengguna analytics saya untuk blog ini, khusus laptop hanya 15%. Dan itu artinya jauh perbandingannya antara komputer dan juga mobile. Baik yang sudah beralih ke amp ataupun belum. Disini saya akan praktekkan bagaimana cara mengecek amp bagi sobat yang ingin mengetahuinya.

Hampir semua rekan teman blogger saya sekarang sudah beranjak ke amp. Entah apapun alasan mereka, yang paling penting adalah memudahkan pengunjung mengakses website kita lebih cepat dari biasanya. Walau amp ini masih dalam tahap pengembangan, yang harus sobat ketahui, pasti semuanya nanti akan beralih kesini. Termasuk sayapun kini sudah beranjak ke situs amp.

Untuk yang menggunakan paltform blogger dan wordpress, umum yang orang gunakan. Dua platform ini juga sama sama dapat menikmati project amp. Bedanya jika di wordpress hanya menggunakan sebuah plugin, serta yang menggunakan platform blogger mungkin akan sedikit sulit. Karena mungkin akan terdapat banyak error di setiap membuat artikel. Termasuk juga pada template amp yang digunakan, semuanya harus berasal dari source code template bagi yang ingin menggunakan amp.

Baiklah, saya disini akan memberitahu ketika sobat sudah migrasi ke amp. Akan lebih baik di cek terlebih dahulu valid atau tidaknya template yang kamu gunakan. Terkadang setiap orang mengabaikan hal ini, menurut saya pribadi pengecekan situs ini sangatlah penting. Karena dari sini kita bisa tahu bagian errornya dimana dan kita bisa memperbaikinya.

Berikut bacalah beberapa alternatif website yang di rekomendasikan untuk cara mengecek amp di amp validator maupun alat struktur google.

Cara Mengecek AMP di Amp Validator

Umum yang orang gunakan adalah tools dari amp validator. Tools ini mampu mendeteksi situs dan struktur template pada perangkat mobile apakah tergolong amp atau tidak. Biasanya tools ini akan memberikan status pass dan fail. Pass untuk lolos amp dan fail untuk bukan template amp. Bagi sobat yang ingin mencobanya, silahkan diikuti beberapa step dibawah.

  • Buka situs AMP Validator Disini.
  • Pada Bagian Url, Isi Dengan Url Blog Yang Ingin Kamu Cek.
  • Bagian HTML Format, Pilih Format AMP.
  • Setelah Itu, Klik Validate.
  • Validation Status Adalah Result/Hasil Pengecekan.
cara mengecek amp

Perlu di ingat apabila Validation Status : Fail, Itu tandanya harus diperbaiki. Di amp validator, sobat akan ditunjukkan bagian mana yang terdapat error. Dan Bisa diperbaikinya kembali.

Tools ini mungkin sangat simple karena hanya membutuhkan url blognya saja. Dan bisa langsung dapat mendeteksi struktur template amp kalian. Jadi, kalian wajib mencoba tools ini ketika kalian migrasi ke amp. Disini dapat digunakan secara gratis dan kapan kalian mau. Jadi gak rugi bukan untuk mengecek ?.

Cara Mengecek AMP di Alat Milik Google

Alternatif kedua adalah dengan menggunakan alat dari google sendiri. Google juga sudah membuat alat pengecekan uji struktur template amp miliknya sendiri. Ini tak kalah akurat dari sebelumnya. Menurut saya, keduanya sama saja ketika ingin mengecek template amp. Cuma, mungkin disini ceknya agak lama karena menggunakan chaptcha dan loading yang mungkin harus sobat tunggu. Tapi, gak terlalu lama juga sobat. Tentunya alat dari google ini gak sembarangan bukan. Bagi kalian yang ingin mengecek valid amp. Dapat kalian ikuti panduan berikut ini.

  • Buka Situs Pengujian AMP Google Search Disini.
  • Masukkan Url Blog Kalian di Kolom Tersebut.
  • Dan Klik UJI URL.
  • Isi Chaptcha Jika Ada.
Pengujian AMP Google Search
  • Akan Muncul Result Yang Di Inginkan Seperti Gambar dibawah Ini.

Jika resultnya hijau maka situs anda valid amp. Jika masih merah, itu tandanya masih terdapat banyak eror dan kesalahan penerapan amp. Coba di pahami kembali apa erornya dan coba di perbaiki.

Sampai disini, sobat sudah berhasil mengetahui pengujian situs blog valid amp atau tidak. Saya disini hanya memberikan materi untuk mengecek, bukan berarti memberi materi memperbaiki eror kesalahan amp. Mungkin akan saya bahas di lain hari.

Akhir Kata

Itulah beberapa car untuk cara mengecek amp pada sebuah blog atau situs. Amp disini berarti terstruktur agar pada perangkat android berlogo petir dan mudah diakses. Setelah berlogo petir, itu dapat dipastikan kalau blog anda sudah lolos uji dalam pengujian amp. Baiklah sampai disini dulu, semoga berhasil dan selamat mencoba.

Nilai Kualitas Konten