Cara Menghindari Penipuan di Instagram [Olshop]

Ada begitu banyak motif penipuan yang ada di sosial media, termasuk salah satunya instagram. Kini instagram sangat cocok untuk berjualan online. Yang biasa mungkin kamu dengar dengan nama olshop (Online Shop). Sebenarnya olshop ini bisa memudahkan kita dalam model belanja yang mudah. Tetapi terkadang, ini bisa malah membuat rugi bagi kita yang terkena penipuan. Apalagi uang yang dibelanjakan tidak sedikit.Untuk menghindari hal tersebut, tentu kita tetap harus siaga dalam membeli apapun di instagram. Berikut inilah beberapa cara menghindari penipuan di instagram.

Cara melihat akun instagram penjual itu penipu atau tidak sangatlah mudah untuk melihatnya. Terkadang, sobat harus menelitinya terlebih dahulu sebelum membeli. Karena biasanya di instagram itu tidak ada sistem rekber (rekening bersama). Nah, buat sobat yang masih awam dalam berbelanja di online. Kini akan saya coba jelaskan dengan rinci bagaimana cara menghindari penipu di instagram versi Namabloganda.

menghindari penipuan di instagram

Bukan hanya satu orang atau dua orang, namun sudah jutaan orang yang tertipu di online dan tidak tau harus bagaimana. Sebenarnya mudah sekali untuk mengatasi hal ini, sobat hanya perlu melihat keaslian dan feedback dari orang banyak. Nah, transaksi online untuk saat ini memang berbahaya. Mulai dari penggunaan yang mengatasnamakan perusahaan orang lain. Mengclone akun atau fake akun. Sangat perlu diperhatikan sebelum membeli sesuatu di instagram.

Cara Menghindari Penipuan di Instagram

Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui keaslian akun instagram apakah penjual tersebut asli atau palsu. Biasanya, akun asli akan memiliki lebih banyak followers ketimbang akun fake. Bisa saja melebihi akun tersebut dengan membeli followers, namun tetap saja kalah followersnya dengan akun asli. Itulah salah satu kemenangan dari akun instagram yang sudah diketahui banyak orang.

Temukan Testimoni Asli Dari Penjual

Terkadang, testimoni ini juga ada di akun palsu. Untuk menemukan testimoni asli, carilah sumber dari mana itu video didapatkan. Biasanya, kalau penjual asli sudah meletakkan watermark besar. Temukan testimoni asli apakah itu benar benar penjual yang memang memberi testimonial.

Kalau perlu, tanyakan kepada sumber testimoni tersebut. Tanyakan satu satu kepada yang ada di video tersebut. Apakah benar penjual di instagram itu ada kejelasan dalam menjual barangnya di instagram.

FeedBack Dari Banyak Orang (Real Human)

Penjual terpercaya biasanya akan memiliki banyak feedback di komentar, dan dimana saja. Sobat bisa mengecek keaslian penipu di instagram dengan mencari feedback orang tentang akun itu. Akun asli biasanya memiliki popularitas dan tidak satupun orang yang mengatakan penipu.

Walau sobat tidak bisa percaya dengan satu hal saja. Kelengkapan lainnya seperti menanyakan kepada rekan atau teman yang pernah membeli disana. Biasanya penipu ini sangat ligat dalam mencari pemirsa, oleh karena itu sobat harus berhati hati juga terhadap feedback palsu.

Followers Tidak Menjamin Keaslian Akun

Selanjutnya adalah jumlah followers di akun instagram. Untuk menghindari penipu di instagram salah satunya adalah dengan jangan terlalu percaya dengan followers. Biasanya followers itu hanya dibeli dan menggunakan followers bot. Kalau sobat membeli sesuatu, jangan diperhatikan dari jumlah followersnya sajaa. Melainkan semua hal yang menjamin keselamatan sobat bertransaksi di dunia online.

Gunakan Rekber (Rekening Bersama)

Untuk mengamankan transaksi online. Kamu bisa menggunakan jasa rekber agar uang kamu bisa aman dan terhindar dari si penipu. Jika memang ia terbukti menipu pun. Uang kamu sebelumnya akan tetap selamat dan aman dipegang oleh jasa rekber. Selanjutnya jasa rekber tadi akan mengembalikan uang kamu. Dengan adanya rekber disini segala jenis transaksi apapun bisa aman.

Fungsinya rekber disini sebagai wasit. Sangat memudahkan masyarakat dalam transakti yang berjumlah besar di online. Ketika sobat seudah menggunakan jasa rekber, sobat tidak perlu khawatir lagi dengan apa yang akan dilakukan si penipu.

Gunakan COD (Cash On Delivery)

Teknik ini adalah teknik paling ampuh untuk menghindari si penipu online di instagram. Fungsinya adalah barang sampai duluan didepan mata, baru sobat bayar. Nah, disini kita akan meminimalisir penipuan di online.

COD adalah hal yang paling tepat untuk sistem belanja sekarang. Saya juga selalu menggunakan cod agar mengamankan uang saya dari penipu di instagram. Kalau sobat ingin aman, silahkan gunakan cod saja.

Cara Mengatasi Yang Sudah Tertipu di Instagram

Solusi untuk sobat yang sudah tertipu karena penipu di instagram ini. Cara atasinya adalah dengan menyimpan hasil chat dengan si penipu tadi sebagai bukti dan bukti transaksi di bank. Nah, sobat langsung datang saja ke customer service terdekat bank yang digunakan. Lalu laporkan dan blokir rekening si penipu tadi. Dengan begitu, si penipu harus membuka blokir tadi dengan menghubungi sobat. Sudah banyak yang kejadian begini, akhirnya si penipu pun akan menyesal. Tenang saja, jangan dikasihani. Biarkan mereka menanggung resikonya.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa cara menghindari penipuan di instagram sekaligus cara mengatasinya jika sudah tertipu. Kalau sobat ingin aman berbelanja di online, perhatikanlah kejelasan dalam akun instagram tersebut. Kalau bisa gunakan trik diatas tadi yang saya bagikan kalau sobat ragu dengan penipuan di instagram. Sekianlah dulu artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi sobat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply