Cara Submit Sitemap WordPress Ke Google Webmaster Tools

Ada Banyak Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Cara Submit Sitemap WordPress Blog Anda Ke Google Webmaster Tools, Bukan Hanya Google Webmaster, Mungkin Saja Kalian MenSubmit Ke Mesin Pencari Lain Seperti Contoh Bing, Yandex, Dan Lain Sebagainya. Akan Tetapi Pada Artikel Ini Saya Akan Lebih Memfokuskan Untuk Cara Submit Sitemap WordPress Hanya Ke Google Webmaster Tools Saja.

Agak Berbeda Sedikit Dengan Blogger, Pada WordPress Alamat Sitemap Bisa Kapan Saja Berubah Ketika Kamu Memasang Plugin Atau Sejenisnya. Sebagai Contoh Plugin Umum Yang Sering Digunakan Di WordPress Ialah Yoast SEO. Alamat Sitemap Bisa Saja Berubah. Apabila Kamu Submit Default Di Webmaster Tools Dan Mengalami Beberapa Eror Disana, Ini Bisa Saja Disebabkan Oleh Plugin Yoast SEO, Namun Jika Kamu Menggunakan Plugin Itu Bukan Berarti Kamu Tidak Bisa Submit Ke Google Webmaster Tools. Sangat Bisa Tentunya Dan Malah Disarankan Oleh Saya Menggunakan Plugin Yoast SEO Ini. Dan Saya Akan Memberikan Penjelasan Dibawah Dengan Lengkap.

Dengan Adanya Sitemap, Kita Bisa Memberitahukan Mesin Pencari Atau Search Engine Bahwa Blog Kita Ini Ada. Oleh Karena Itu Jika Ingin Blog Kalian Di Indeks Dengan Bagus Oleh Google, Seharusnya Kalian Submit Sitemap Blog WordPress Kalian Ke Google Webmaster Tools. Karena Saat Ini Mesin Pencari Google Ialah Mesin Pencari Terbesar Tidak Hanya Di Indonesia Bahkan Didunia Juga Menggunakan Google Sebagai Search Engine.

Cara Submit Sitemap WordPress Ke Google Webmaster Tools

Sebagian Pemula Mungkin Belum Tau Bagaimana Cara Men-Submit Sitemap WordPress Kalian Ke Google Webmaster Tools. Disini Saya Memberikan 2 Opsi Untuk Cara Submit Sitemap WordPress. Karena Disini Mungkin Ada Yang Suka Menggunakan Plugin Dari Yoast Seo Atau Sebagiannya Lagi Tidak Menggunakannya.

Untuk Yang Tidak Menggunakan Plugin Yoast Seo Kalian Bisa Menerapkan Cara Yang Pertama Dibawah Ini, Cara Yang Pertama Ialah Menggunakan Plugin Dari Google XML Sitemaps. Dan Cara Yang Kedua Ini Jika Anda Menggunakan Plugin Dari Yoast SEO.

Note : Jangan Menggunakan Plugin XML Ini Bersamaan.
Jangan Menggunakan Dua Plugin Ini (Yoast Seo & Google XML Sitemaps) Secara Bersamaan, Karena Nantinya Akan Terjadi Bentrok Antara Sitemap Yang Di Generate Oleh Masing Masing Plugin Tersebut.

Cara Submit Sitemap WordPress Menggunakan Plugin Google XML Sitemaps

Cara Yang Pertama Ini Lebih Ditepatkan Untuk Yang Bukan User Atau Pengguna Dari Plugin Yoast SEO, Apabila Kalian Tidak Menggunakan Yoast, Kalian Harus Menggunakan Plugin Ini Untuk Mengetahui Sitemap Dari Blog Anda. Silahkan Ikuti Cara Dibawah Ini :

  • Silahkan Menginstal Terlebih Dahulu Plugin Yang Bernama “Google XML Sitemaps”. Caranya Dengan Memilih Menu Plugin >> Add New >> Kemudian Pada Kotak Pencarian Silahkan Cari “Google XML Sitemaps“
  • Klik Instal (Pasang) Dan Aktifkan.
  • Jika Sudah, Silahkan Lihat Pada Bagian Setting (Pengaturan) >> “XML Sitemap

Untuk Dapat Melihat Alamat Sitemap Blog WordPress Kalian, Langkah Yang Harus Dilakukan Ialah Dengan Memilih Opsi Tadi Setelah Menginstal Plugin.

Apabila Anda Sudah Mengaktifkan Plugin Tadi, Silahkan Di Refresh Dashboard WordPress Kamu, Dan Bisa Dilihat Pada Bagian Pengaturan Baru Yaitu XML Sitemap Dan Kalian Bisa Memilih Opsi Itu. Dan Sesuaikan Settingan Dibawah Ini…

Jika Kalian Klik Opsi “XML Sitemap” Maka Akan Muncul Tampilan Seperti Gambar Dibawah Ini :

Google XML Sitemaps

  • Silahkan Di Copy Alamat Sitemap Tersebut. Dan Langsung Buka Google Webmaster Tools
  • Silahkan Login Sesuai Akun Blog Yang Kalian Daftarkan Sebelumnya.
  • Jika Sudah Langsung Pergi Ke Menu Crawl >> Sitemaps
  • Dan Pilih Add/Test Sitemap.

Isi Seperti Sitemap Yang Kalian Copy Tadi. Silahkan Lihat Gambar Dibawah Ini :

Google Webmaster Tools

  • Klik Submit.
  • Selesai

Cara Submit Sitemap WordPress Apabila Menggunakan Plugin Yoast SEO

Bagi Yang Menggunakan Plugin Yoast, Kalian Dapat Mengikuti Cara Yang Kedua Ini, Sitemap Defaultnya Akan Di Generate Sendiri Oleh Yoast SEO. Namun Jika Kalian Sebelumnya Yang Sudah Pernah Menginstal Yoast Seo Ini. Silahkan Ikuti Beberapa Penjelasan Berikut Dibawah Ini :

Perlu Diketahui Sitemap Bawaan Yang Diredirect Yoast SEO Ialah Sebagai Contoh :

https://www.namabloganda.com/sitemap_index.xml/

Untuk Mengetahui Alamat Sitemap Blog Kalian, Yang Harus Kalian Lakukan Ialah Dengan mengetikkan Url Blog Kalian, Lalu Menambahkan sitemap_index.xml/ Di Browser Kalian, Dan Akan Terlihat Seperti Gambar Dibawah Ini

Yoast SEO Sitemap

Sebagai Contoh Akan Terlihat 4 Sitemap Disana, 4 Keterangan Disana Dijelaskan Dibawah Ini :

  • https://www.namabloganda.com/post-sitemap.xml : Berisi Sitemap Postingan Blog
  • https://www.namabloganda.com/page-sitemap.xml : Berisi Sitemap Halaman Blog
  • https://www.namabloganda.com/category-sitemap.xml : Berisi Sitemap Kategori Blog
  • https://www.namabloganda.com/author-sitemap.xml : Berisi Sitemap Author Blog

Yang perlu Kamu Masukkan Sitemapnya Ialah Isi Artikelnya, Seperti Contoh Diatas Nomor 1 Ialah Alamat Yang Kamu Masukkan Ke Google Webmaster Tools nya Nanti.. Silahkan Di Copy Alamat Sitemap Postingan Kalian, Setiap Blog Memiliki Sitemap Yang Berbeda – Beda. Jadi Sesuaikan Dengan Blog Kamu.

  • Silahkan Di Copy Alamat Sitemap Yang Tadi. Dan Langsung Buka Google Webmaster Tools.
  • Silahkan Login Sesuai Akun Blog Yang Kalian Daftarkan Sebelumnya.
  • Jika Sudah Langsung Pergi Ke Menu Crawl >> Sitemaps
  • Dan Pilih Add/Test Sitemap.
  • Isi Seperti Sitemap Yang Kalian Copy Tadi. Silahkan Lihat Gambar Dibawah Ini :

Google Webmaster Tools Sitemap

  • Langsung Submit
  • Selesai

Kesimpulan

Setiap Blog Di WordPress Terkadang Memiliki Sitemap Yang Berbeda, Tergantung Plugin Apa yang Mereka Gunakan, Kalau Menurut Saya Masalah Alamat Sitemap Yang Berbeda Tidak Begitu Masalah Pada Dampak SEO Blog Kamu, Jadi Jika Kalian Mengikuti Cara Diatas Tadi Dengan Benar, Pasti Kamu Akan Berhasil Untuk “Cara Submit Sitemap WordPress” Mungkin Sekian Itu Saja Yang Dapat Saya Sampaikan, Semoga Bermanfaat Bagi Semuanya, Terimakasih Telah Membaca 🙂

Leave a Reply