Jangan Ambil Keputusan Saat Emosi & Sedang Marah

Pernah Mendengarkan Sebuah Kata Kata Bijak Seperti Ini ?. “Jangan membuat keputusan ketika sedang marah. Dan jangan membuat janji sewaktu sedang gembira” – (Ali Bin Abi Thalib). Benar sekali terhadap quotes tersebut. Dan memang sudah teruji di kehidupan kita saat ini. Terkadang marah akan membuat segalanya menjadi rusak. Apapun bentuk keputusan yang sobat ambil pada saat marah. Maka hasilnya pasti selalu buruk untuk kedepannya. Kali ini saya akan menjelaskan penuh tentang quotes ini tentang permasalahan jangan ambil keputusan saat emosi.

Saat kita sedang emosi pasti semuanya akan lepas kendali. Disaat kita lepas kendali, mulailah dari sana kata kata yang tidak di inginkan semuanya keluar. Mulai dari keputusan yang buruk akan dikeluarkan oleh kita manusia. Maksud dari pepatah ini mengatakan bahwa saat kita sedang emosi janganlah membuat sebuah keputusan karena akan bersifat fatal. Penyesalan yang akan didapatkan di akhir cerita, memang bukan sekarang, tetapi nanti pasti ada waktunya.

jangan ambil keputusan saat emosi

Emosi terkadang tidak akan bisa dikendalikan kecuali tidak dilatih sejak dini. Usahakan ketika sobat emosi, janganlah mengatakan dan membuat sebuah keputusan yang bersifat fatal. Hal tersebut akan memicu adanya perpecahan dan memutuskan tali persaudaraan antara lawan bicara. Ada cara untuk menyelesaikan masalah secara baik baik dan bukan dilakukan secara emosi sesaat.

Jangan Ambil Keputusan Saat Emosi

Setiap kita dalam keadaan marah dan sudah tidak akan bisa dikendalikan lagi. Memang semua amarah sobat akan keluar dan merasa lega telah menyampaikan. Namun, ada dampak buruk setelah membuat keputusan disaat sobat lagi marah. Dan itu semua, sudah terjadi pada saya sendiri dan mengakuinya tentang adanya prinsip hidup sederhana ini.

Biasanya kita akan membuat suatu keputusan yang buruk dan terburu buru. Dan mau tidak mau, kata kata sobat yang dilontarkan tadi harus dilakukan. Gerak reflect ini akan langsung bekerja pada tubuh kita. Dan ini sudah banyak terjadi pada kehidupan manusia di bumi.

Dari riset yang telah saya lakukan, semua orang akan merasakan hal yang sama ketika mereka mengambil keputusan disaat emosi. Walaupun sobat orang yang bijaksana, pintar, cerdas, berprestasi. Siapapun orangnya yang mengambil keputusan disaat emosi akan menimbulkan masalah yang tidak kunjung ada akhirnya. Jadi, ketika sobat membaca artikel ini, usahakan untuk tidak mengambil sebuah keputusan yang bulat mengenai sobat yang sedang emosi di lain hari.

Soal itu, sobat ingin marah sekeras kerasnya itu tidak masalah, tetapi hindarilah untuk membuat keputusan yang ingin sobat lakukan.

Jangan Membuat Janji Ketika Sedang Bahagia Atau Gembira

Yang kedua, adalah jangan membuat janji ketika sedang bahagia atau gembira. Kenapa terciptanya pepatah ini ?. Tentu, ada alasan dibalik semua perkataan ini. Menurut saya pribadi, ini betul dan memang terjadi adanya di kehidupan. Semua yang dilakukan ketika bahagia, kita akan lupa diri dan sama saja sulit untuk dikendalikan.

Baik itu kita sedang marah, ataupun sedang bahagia lepas. Kita akan lupa diri dan susah untuk dikendalikan. Orang yang terlalu bahagia akan membuat mereka lepas diri dan selalu membuat janji misalnya ketika sobat sedang pacaran. Janji adalah suatu hal yang harus ditepati dan tidak boleh dihindari.

Janji bukanlah hal yang sepele. Janji harus dilakukan ketika sobat sudah melontarkan. Nah ketika sobat sudah lepas kendali diri sendiri dan sudah membuat janji. Itu akan berdampak buruk biasanya diakhir cerita. Ini sudah terjadi di sekian banyak manusia. Mau tidak mau, sobat harus tepati janji. Janji bukan sekedar omongan melainkan suatu hal yang harus sobat lakukan, ini tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, terciptanya quotes ini berdasarkan kehidupan nyata yang diambil langsung.

Saran saya, kendalikanlah ketika sobat sedang bahagia. Terlalu bahagia juga dapat membuat sobat lepas kendali pada diri sendiri.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas tadi dapat dipastikan berlebihan adalah satu hal yang tidak baik. Termasuk ketika terlalu marah dan juga terlalu senang. Baik buruknya dua hal diatas harus sobat kendalikan dan dilatih sejak dini. Kalau tidak dilatih, maka akan membawa pengaruh buruk bagi kedepannya. Setiap keputusan atau janji itu seharusnya dihindari. Demikianlah dahulu penjelasan lengkap dari saya pribadi. Semoga bisa bermanfaat bagi teman teman semuanya. Saya pamit dulu dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply