Manfaat Guest Post Bagi Seorang Blogger

5/5 (1)

Halo sobat sekalian. Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai apa saja manfaat manfaat dari guest post. Apa itu guest post, dan apa fungsi serta manfaatnya bagi kita. Disini saya akan membahasnya secara mendalam. Pada dasarnya kalau kalian sering mendengar guest posting di blog orang, itu adalah sisi keuntungan di kedua belah pihak. Tidak ada yang dirugikan disini, melainkan sama sama menguntungkan. Saya pribadi, juga sering melakukan guest post di blog orang dengan tujuan tertentu. Manfaat guest post itu sendiri, saya akan bahas sebagai berikut.

Guest didalam bahasa indonesianya adalah tamu. Jadi apabila digabungkan, diartikan secara keseluruhan adalah penulis tamu. Penulis tamu berkesempatan untuk menulis di blog yang kamu inginkan, dengan tujuan mendapatkan feedback dari blog tersebut. Sering kali orang salah kaprah dengan mengeluarkan satu link saja bisa rugi. Namun, nyatanya didalam kaidah SEO, outbound link itu wajib dikeluarkan minimal satu.

Biasanya, orang yang membuka sesi ini adalah blog blog yang mempunyai DA (Domain Authority) PA (Page Authority) yang tinggi. Sehingga tidak akan sia sia sobat membuat artikel di blog tersebut. Selain da pa, kriteria seperti jumlah backlink yang bagus adalah sasaran yang tepat untuk melakukan guest post di blog orang. Manfaat guest post itu beragam, jadi tidak hanya satu saja.

manfaat guest post

Dengan kata lain, dengan melakukan guest posting ini sobat tidak akan dirugikan sama sekali. Maupun itu pihak penyedia, maupun pihak penulis. Inilah yang sebenarnya harus dipahami bagi seorang blogger.

Manfaat Guest Post

Kalau berbicara manfaat, sobat harus mengerti dahulu penjabarannya. Yakni dimulai sebagai berikut.

1. Untuk Mendapatkan Backlink

Fungsi utamanya adalah mencari backlink. Backlink dari blog penyedia adalah hadiah upah menulis dari blog tersebut. Memang bukan berupa uang, melainkan backlink. Backlink lebih berharga daripada uang menurut saya. Disini sobat hanya menulis dan bisa mendapatkan satu backlink, backlink inilah yang sangat diperlukan untuk membangun blog.

Fungsi backlink ini sendiri mungkin banyak sobat yang belum mengetahuinya. Terlebih lagi, sekarang saingan di serp itu sangat sulit. Backlink inilah sebagai pendongkrak agar blog kita tidak kalah saing di SERP Google.

2. Mendatangkan Trafik Pengunjung

Manfaat lainnya adalah dengan mendatangkan trafik. Percaya atau tidak percaya bahwa guest post ini bisa mendatangkan trafik banyak. Saya sendiri telah mencobanya. Memang benar adanya trafik itu tiba tiba melejit dan banjir alias ramai pengunjung. Karena itulah manfaat yang akan dirasakan ketika kita melakukan guest post di blog orang lain.

Sampai saat ini, sudah begitu banyak orang menggunakan teknik ini hanya untuk menaikkan trafik blog. Bagi seorang blogger pengunjung adalah segalanya. Tanpa pengunjung kita akan lemah, oleh karena itu sempatkanlah waktu anda. Untuk membagikan artikel yang anda miliki di blog orang lain.

3. Relasi Hubungan Antar Blogger Makin Kuat

Terlebih lagi, bagi seorang blogger. Pertemanan adalah hal terpenting, jika kita memiliki banyak teman blogger lainnya. Kita dapat sharing mengenai hal hal yang tidak kita pahami. Perlu di ingat disini tidak memakan biaya sepeserpun. Tetapi, dibalik itu semua. Sobat bisa mendapatkan teman sesuai passion. Yang artinya persentase blog sobat akan dikenal itu semakin besar. Ini merupakan salah satu contoh ketika sobat menulis artikel di blog orang atau menjadi penulis tamu.

4. Lebih Banyak Pengalaman

Satu satunya hal yang tidak bisa dibeli dengan uang adalah pengalaman. Dari pengalaman akan mengajari anda begitu banyak hal yang mungkin akan kita alami. Tanpa pengalaman kita tidak akan bisa maju. Oleh karena itulah pengalaman itu dibutuhkan. Termasuk pengalaman anda melakukan guest post di blog orang. Selain menambah wawasan serta ide ide baru. Sobat bisa berpengetahuan luas hanya dari sekedar menulis artikel.

5. Promosi

Harga untuk melakukan promosi itu sobat tau sendiri harganya berapa. Didalam guest post ini sobat juga bisa melakukan promosi tanpa bayar. Meski ada juga beberapa blog yang meletak harga. Tetapi menurut saya harganya itupun tidaklah begitu mahal. Promosi bukanlah murah dan sobat tau itu sendiri.

Yakni dengan melakukan beberapa guest post ke blog orang, sobat sudah melakukan promosi. Itu sangat penting dan juga akan menaikkan popularitas blog sobat di kemudian hari.

Kriteria Blog Yang Cocok Untuk Melakukan Guest Post

Adapun kriteria yang sebenarnya bisa membawa pengaruh bagus. Bukan berarti blog yang mempunyai reputasi rendah itu gak bagus. Hanya saja, kalau tidak memenuhi kriteria dibawah ini, manfaatnya tidak akan berasa. Oleh karena itu, diperlukan sekali blog yang mempunyai kriteria yang cocok. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

DA (Domain Authority) PA (Page Authority) Yang Tinggi

Semakin tinggi nilai da pa suatu blog, maka akan semakin bagus untuk melakukan guest post disana. Mengapa saya katakan begitu, karena didalam blog da pa itu sangat penting. Tak jarang kalian melihat yang menguasai halaman satu google adalah blog dengan da pa tinggi. Untuk membangun skor da pa ini tidaklah sebentar yang kalian kira. Butuh waktu, kesabaran, tenaga serta pikiran untuk menaikkannya.

Bagi yang belum tau bagaimana cara cek da pa di blog orang lain, Silahkan dibaca artikel berikut ini.

Baca Disini : Cara Cek DA PA Blog Atau Website

Blog Dengan Backlink Yang Berkualitas

Satu backlink berkualitas itu lebih baik daripada sepuluh ribu backlink spam. Untuk algoritma sekarang ini lebih fokus kepada spam skor. Jadi alangkah lebih berhati hatilah terhadap blog yang memiliki skor spam tinggi. Karena selain tidak membawa dampak apa apa. Akhirnya akan menyapekkan diri sendiri menulis artikel. Perlu di hindari dan carilah blog yang memiliki domain rating tinggi dan juga jumlah backlink yang banyak.

Untuk mengetahui jumlah backlink blog, bisa kalian cek di salah satu artikel yang pernah saya buat tentang ini.

Baca Disini : Cara Cek Jumlah Backlink Blog Gratis Berasa Premium

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat guest post, serta kriteria blog yang cocok untuk dijadikan bahan guest post. Tidak sembarangan juga, agar tidak sia sia sobat menulis artikel sepanjang panjangnya. Beberapa kegunaan tadi adalah sebagian, kelengkapan lainnya mungkin akan saya bahas di lain hari. Demikianlah dahulu untuk artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Semoga sukses 🙂

Nilai Kualitas Konten