Cara Memilih Template Blog Yang Bagus & Berkualitas

Pada artikel ini menjelaskan bagaimana cara memilih template blog yang bagus dan berkualitas. Ini berlaku untuk semua platform termasuk blogger maupun wordpress. Setelah yang saya amati untuk saat ini memilih template blogger sangatlah penting untuk masa depan blog kedepannya. Karena mungkin masih banyak teman teman yang belum tau bagaimana cara memilih template blog yang baik. Dan bagaimana cara untuk mengeceknya berikut admin Namabloganda akan menjelaskan secara rinci mengenai tips memilih template blog terupdate.

Template blog bisa di ibaratkan sebagai organ penting yang digunakan sebagai wadah atau tempat kita menulis berbagai hal. Jadi selain menulis artikel, Kamu wajib pandai memilih template blog mana yang bagus dan mana yang berkualitas rendah.

Pada saat awal mula saya memulai didunia blogging di tahun 2015. Pembuat Template masih belum banyak seperti sekarang ini. Kalau dulu dilakukan dengan memodifikasi template dari bawaan (default). Menjadi sesuai dengan yang kita inginkan. Kalau di jaman sekarang ini. Semuanya sudah ada dan sudah dapat dibeli langsung dipakai oleh blogger yang belum bisa membuat template blog.

Memilih Template Blog

Bagi kamu yang tidak pandai membuat template blogger. Kamu dapat membeli langsung kepada creator template di indonesia. Harga template itu sendiri berkisar antara 50rb – 350rb yang paling mahal kalau di paltform blogger. Kisaran untuk harga wordpress mungkin agak sedikit mahal karena memang sulit. Untuk bisa membelinya rata rata kisaran harga 100rb – 1jt+ untuk pengguna wordpress.

Langsung saja kepoin pokok. Sebelum kalian membeli sebuah template blog kepada orang lain. Pastikan kalian tau benar bagaimana cara memilih template blog yang bagus dan cocok untuk digunakan. Bagi kamu yang ingin membeli template. Pastikan mengecek demo template terlebih dahulu melalui alur proses pengecekan yang biasa orang lain lakukan. Berikut tips memilih template blog yang benar.

Tips Memilih Template Blog

Ada cara untuk mengecek template blogger tersebut berkualitas baik atau tidak. Seperti yang saya jelaskan beberapa kriteria berikut dibawah ini. Selanjutnya dilengkapi dengan beberapa bagian agar template tersebut SEO Friendly untuk digunakan. Sebagai contoh kelengkapan untuk tata cara memilih template blog yang bagus mempunyai beberapa kriteria seperti dibawah ini.

Load PageSpeed Yang Ringan

Untuk kriteria pertama adalah template blog dengan pagespeed loading yang ringan dan tidak berat. Untuk saat ini poin yang saya sebutkan sesuai dengan algoritma google yang sekarang. Jadi pagespeed ini mampu untuk memperbaiki rangking di serp google.

Untuk cara pengecekkan skor nilai pagespeed ada dua cara. Kalian dapat menggunakan tools dibawah untuk mengecek skor pagespeed yang akurat.

Kedua Tools tadi adalah yang umum orang gunakan untuk mengecek pagespeed website atau blog. Tool tadi cara penggunaannya cukup mudah. Tinggal pastekan url homepage alamat blog kalian. Dan Tekan analyze. Semuanya akan menghitung otomatis.

Ketika muncul hasil skor dari pengecekan ada dua hasil yaitu mobile dan desktop. Pastikan kedua skor diatas sesuai dengan kriteria masuk antara skor 80 – 100 adalah template yang bagus.

Responsive

Apa itu Responsive ?. Yaitu support dan mendukung semua tampilan di perangkat apapun. Biasanya ketika kita membeli sebuah template sudah ada kriteria pada table deskripsi template. Kalau kamu lihat ada bagian responsive adalah hal utama bagi memilih template atau tema blog yang bagus dan berkualitas. Sekian banyaknya tools yang dapat digunakan. Biasanya saya menggunakan Responsinator untuk mengecek di semua perangkat. Berikut saya sertakan lampiran tautan tools yang dapat digunakan secara gratis dan akurat.

Akan muncul laman yang ingin kalian test. Dengan cara penggunaannya adalah dengan pastekan url blog kamu di kolom yang tersedia. Lalu tekan GO. Langsung dapat kalian lihat tampilan di semua perangkat hp, tablet, iphone, maupun desktop. Template yang bagus adalah template yang responsive mendukung semua perangkat.

Struktur Template Yang Bagus

Struktur data template merupakan hal yang penting bagi kesehatan template. Sebuah template dikatakan bagus karena struktur templatenya terstruktur dan tidak ada error. Untuk cara pengecekkannya kalian dapat menggunakann sebuah tools dari google. Alat pengujian data tersetruktur bisa kalian gunakan secara gratis dan tidak berbayar sekalipun.

Disana kalian dapat melihat data tersetruktur demo template yang disediakan. Apabila tidak ada error(merah) dapat dikatakan template itu bagus untuk digunakan. Rekomendasinya biasa bisa kalian tes disana untuk dapat mengecek template tersebut SEO Friendly atau tidak.

Akhir Kata

Kalau saya pribadi urusan design atau tampilan adalah urusan belakang. Yang penting template tersebut bisa digunakan untuk dapat bersaing di pencarian google. Maka dari itu biasanya orang membeli template harus memenuhi kriteria diatas yang saya sebutkan tadi. Merupakan dasar lulus template yang termasuk bagus. Demikianlah untuk informasi mengenai tips memilih template blog. Semoga bisa bermanfaat dan Selamat Mencoba.

Leave a Reply