Menonaktifkan Kolom Website Di Komentar WordPress

No ratings yet.

Umumnya form komentar adalah untuk dapat berdiskusi didalam website. Nah, pada website terkadang orang menggunakan platform blogger dan juga platform wordpress. Pada platform wordpress itu terdapat biasanya nama, alamat email, website atau url dan text komentar. Pada kotak atau kolom website itulah yang ingin saya bahas pada hari ini. Tidak semua orang menyukai form komentar jika ada websitenya karena mengandung link keluar yang dapat merugikan website kita sendiri. Mari kita bahas bagaimana cara menonaktifkan kolom website di komentar wordpress.

Pada pokok pembahasan saya hari ini, saya kan menunjukkan bagaimana cara menghilangkan form kolom website tersebut tanpa plugin di wordpress. Bukan berarti tidak bisa menggunakan plugin di wordpress. Hanya saja menurut saya dapat merugikan penyimpanan dan bisa menjadi berat karena kebanyakan plugin.

Oleh karena itu, kali ini kita akan mencoba langsung penambahan fungsi pada template agar bisa disembunyikan untuk field website komentar. Fungsinya tersebut sudah saya sediakan, tinggal kalian praktekan dan terapkan pada editor template kalian masing masing.

Tanpa Ada Kolom Website di Komentar

Buat yang masih bingung bagaimana penerapan kodenya, silahkan di ikuti panduan berikut ini.

Cara Menonaktifkan Kolom Website Pada Form Komentar WordPress

Jika kalian menggunakan form komentar wordpress default. Pasti akan terdapat field website. Untuk cara menghilangkannya sangat mudah sekali. Silahkan di ikuti panduan berikut ini, biasanya selalu cocok pada semua template wordpress.

Walaupun menurut saya eksternal link yang dihasilkan berupa nofollow yang tidak ada pengaruhnya untuk blog kita. Kalau sobat memang benar ingin menonaktifkan fungsi atau field website pada komentar wordpress. yuk, Cekidot!.

  • Buka WordPress Admin Kalian Masing Masing.
  • Pastikan Sebelumnya Form Komentar Sudah Di Izinkan Untuk Semua Artikel.
  • Masuk Ke Tampilan >> Theme Editor >> Cari File Function.php
  • Tambahkan Source Code Berikut Ini Tepat di Paling Bawah Source Code Function.php
// Fungsi Mematikan Komentar Website Namabloganda.com
function wcrb_comment_form_default_fields($fields) {
   if (isset($fields['url'])) {
     unset($fields['url']);
   }

   return $fields;
 }

 add_filter('comment_form_default_fields', 'wcrb_comment_form_default_fields');
menonaktifkan kolom website di komentar wordpress

Sampai disini, bentuk komentar anda tidak akan ada lagi yang namanya website. Fungsi ini bukan menghapus, melainkan hanya menyembunyikan. Dan tidak ada dampak sama sekali bagi serp google. Jika kalian berminat boleh dipasang. Namun, apabila gak berhasil…

Bagaimana Kalau Gak Berhasil Juga ?

Saran saya agar sobat langsung saja menggunakan plugin yang bertebaran di wordpress. Cari dengan kata kunci plugin berikut.

Plugin diatas adalah plugin terbaik untuk mengendalikan fungsi komentar pada admin website. Sangat penting sekali untuk mengendalikan semua jenis bentuk komentar yang ada di wordpress.

Mungkin sampai disinilah dulu untuk panduan menonaktifkan kolom website di komentar wordpress, Akan lebih baik saya tutup dahulu.

Akhir Kata

Karena tidak semua orang mempunyai website, jadi saran saya ya di hapus atau di sembunyikan/hiden saja karena dapat membingungkan pembaca. Agar tidak ribet, langsung saja kalian sembunyikan sesuai dengan keinginan dan nauri anda masing masing. Setau saya sih memang tidak ada pengaruh untuk peringkat serp google. Kalau sobat berifikir lain, maka yasudahlah dicoba saja. Oke, semoga bisa bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten