Pentingnya Membuat Daftar Isi Blog, Fungsinya Apa ?

No ratings yet.

Daftar Isi Blog Itu Untuk Apa ? Fungsinya Apa ? Dan Mungkin masih banyak pertanyaan lain yang akan sobat pertanyakan. Sebenarnya daftar isi ini sangat berguna bagi blog. Dan terkadang ada yang memilih menggunakan daftar isi dan ada juga yang tidak ingin menggunakannya. Sebenarnya bagus yang mana dan apa saja penjabaran luasnya. Disini akan saya bahas bagi sobat yang ingin tau pentingnya membuat daftar isi blog.

Mungkin sobat sekalian tau yang namanya daftar isi atau biasa dikenal dengan Table Of Content (TOC). Setiap blogger pasti akan tau daftar isi ini buatnya seperti apa. Disini saya menggunakan platform wordpress sehingga jika sobat menggunakan platform lain sepertinya sama saja. Termasuk di blog saya yang satu lagi yang menggunakan platform blogger. Jika ditanya fungsinya itu seperti apa, maka saya akan menjawabnya fungsinya seperti buku. Sobat tau Buku ?, pasti ada daftar isinya bukan ?. Nah untuk apa ?, Yaitu untuk memudahkan pembaca mengakses halaman dan point point penting yang ingin mereka baca.

Tidak hanya di buku. Kini daftar isi juga bisa dibuat di artikel blog. Kalau sobat tanya bagaimana cara membuatnya, sobat salah tangkap dengan judul blog ini. Disini saya tidak akan menjelaskan caranya, karena di internet sudah banyak. Yang ingin saya bagikan disini, lebih difokuskan untuk fungsinya.

pentingnya membuat daftar isi blog

Ketika kita membuat tentu juga kita harus memahami fungsinya untuk apa. Bukan dari segi pembaca saja, kita akan tinjau dari segi keseluruhan. Mengapa daftar isi blog itu sangat penting bagi pembaca blog.

Pentingnya Daftar Isi Untuk Artikel Blog

Di jaman teknologi yang serba modern ini, kemungkinan juga buku akan banyak ditinggalkan oleh anak muda sekarang. Saya melihat, peluang lebih besar untuk kedepannya yang banyak dibaca adalah media online. Salah satunya adalah website atau blog. Kini, selain buku, orang orang bisa tetap membaca informasi di media online dan hanya menggunakan smartphone saja. Saya kurang tau persis akan terjadi apa kedepannya. Yang pastinya disini, saya akan tinjau sisi blog, yang lebih tepatnya adalah daftar isi blog. Sehingga saya akan menjelaskan tujuan penting disini. Baiklah saya akan mulai pembahasan pentingnya membuat daftar isi blog, silahkan disimak.

Memudahkan Pengunjung Atau Pembaca Blog

Perlu di ingat pentingnya membuat daftar isi blog adalah agar tujuan utamanya memudahkan. Memudahkan dalam artian banyak hal, memudahkan pengunjung, memudahkan pemahaman artikel, memudahkan mengakses. Sejauh ini yang saya lihat, daftar isi juga salah satu bagian penting dari blog.

Agar bisa terlihat lebih professional dan kelengkapan artikel. Daftar isi sangat dibutuhkan. Sebagai contoh, mereka hanya ingin melihat bagian tertentu saja. Mereka dapat mengaksesnya dengan cepat. Berikanlah kemudahan bagi pengunjung blog karena mereka harus di istimewakan.

Bisa Unggul di SERP Google

Biasanya, blog yang mempunyai daftar isi akan di utamakan oleh mesin pencari google. Wajar ketika sobat melihat blog yang berada di halaman pertama atau page one. Dapat mengungguli blog yang lain.

Karena blog yang memiliki daftar isi itu, kesannya seperti buku. Isinya lengkap serta pembahasannya pasti jelas. Sehingga, di mata google sangat baik jikalau memang sobat ingin memasangnya. Di sisi lain, saya juga sudah pernah membandingkan hal ini dan terbukti memang diprioritaskan oleh google. Jadi menurut saya, pentingnya membuat daftar isi blog adalah benar adanya, karena memang sangat penting.

Ini, hanya menurut saya pribadi yang mencobanya secara langsung. Kalau dibuktikan oleh pakar seo yang lain mungkin saja berbeda. Terserah anda ingin menanggapi yang mana satu ya sob.

Terkesan Jelas, Professional Dan Terstruktur

Lebih tepatnya adalah didalam artikel blog itu harus jelas dan mudah dipahami oleh orang. Fungsi membuat artikel itu sendiri adalah ingin memberikan informasi kepada orang. Entah itu berupa tutorial, berita dan lain sebagainya. Didalam informasi tersebut, kita juga harus jelas penyampaiannya agar mudah dimengerti oleh orang lain.

Adapun salah satu membuat orang lebih mengerti dengan cepat, dengan membuatkan point point penting. Dan di point penting tadi, dapat sobat jabarkan kembali sesuai dengan bahasa sobat sendiri. Dengan begitu artikel akan menjadi jelas dan enak dibaca oleh orang. Feedback dari orang lain juga akan pasti bagus tentunya.

Itulah alasan saya mengapa blog ini di pasang daftar isi. Jadi, untuk pembahasan pentingnya membuat daftar isi blog ini, sebenarnya ada begitu banyak lagi yang ingin saya sampaikan. Saya rasa 3 poin diatas sudah mewakili untuk sobat pahami. Demikianlah dulu artikel ini saya buat, demi kemajuan blogger di indonesia juga. Saya pamit dulu, dan sampai jumpa di lain hari ya sobat.

Nilai Kualitas Konten