Strategi Menjaga Kinerja Karyawan Agar Tetap Top Performance

5/5 (1)

Apa yang membuat kinerja karyawan selalu bertambah ?. Dukungan dan motivasi dari perusahaan. Tanpa adanya fasilitas yang memadai, reward/ penghargaan serta motivasi dari perusahaan, karyawan bisa saja tidak antusias dalam bekerja. Karyawan akan merasa sekeras apapun mereka berusaha, perusahaan tidak pernah memperhatikan dan menghargai hasil usaha mereka.

Jangan biarkan hal ini terjadi! Karena kinerja karyawan akan turut berdampak pada produktivitas perusahaan. Perusahaan akan semakin berkembang seiring dengan kreativitas dan kepuasan karyawan. Lalu, bagaimana strategi untuk menjaga kinerja karyawan agar tetap dalam level “top performance”? Simak ulasannya selengkapnya berikut.

Strategi Menjaga Kinerja Karyawan Agar Tetap Top Performance
Strategi Menjaga Kinerja Karyawan Agar Tetap Top Performance

1. Penilaian Kinerja Karyawan yang Transparan

Rata – rata karyawan senang jika mendapatkan evaluasi dari tim HR yang mewakili divisi personalia. Dari penilaian kinerja karyawan inilah, dapat diambil keputusan apakah seorang karyawan bisa mendapatkan promosi jabatan, reward, atau justru sebaliknya, mendapatkan sebuah sanksi.

Sistem penilaian kinerja karyawan yang tepat harus transparan, dapat dipercaya dan terstruktur disertai data – data bukti konkrit. Perusahaan harus mulai menerapkan sistem penilaian kinerja karyawan yang kredibel berbasis data agar tidak terjadi miss communication dan prasangka tidak baik dari karyawan.

2. Memberikan Kepuasan Terhadap Karyawan

Sudah pasti, jika karyawan merasa puas dengan hak – hak yang sudah terpenuhi oleh perusahaan, maka ia akan berada dalam top performance. Hak – hak karyawan ini meliputi gaji yang dibayarkan sesuai ketentuan berlaku, tunjangan kesehatan, tunjangan hari tua, tunjangan hari raya, bonus/ insentif, dan sebagainya.

Hanya karena kecerobohan perusahaan yang tidak memperhatikan sistem payroll dengan baik, bisa saja sering terjadi keterlambatan pembayaran gaji karyawan. Akibatnya, karyawan jadi malas bekerja dan kinerja menurun.

Baca Juga : Tahapan Penilaian Kinerja Karyawan

3. Penghargaan dan Motivasi

Bukan hanya karyawan, setiap orang tentu senang diberikan penghargaan atau reward atas prestasi – prestasi yang sudah berhasil diraih. Ini akan memotivasi karyawan untuk tetap berada dalam level top performance. Pasalnya, karyawan merasa jerih payah dan kreativitasnya selama ini yang didedikasikan bagi perusahaan dihargai dengan baik.

Karyawan seringkali menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor atau perusahaan. Ia juga mendorong produktivitas perusahaan Anda. Jadi, tidak ada salahnya memberikan reward seperti jalan – jalan ke luar negeri, bonus uang, atau perhiasan sebagai simbol terima kasih perusahaan kepadanya.

4. Peningkatan Karir

Karyawan di era milenial seperti sekarang, tidak hanya sekadar berorientasi pada uang. Tetapi, bagaimana perusahaan bisa menyediakan peluang karir yang lebih tinggi bagi mereka. Jika tiap tahun tidak ada penilaian kinerja karyawan dan tidak ada peningkatan jenjang karir, lalu untuk apa mereka bertahan di perusahaan Anda?

Bisa jadi, karyawan akan segera berpaling dan mencari perusahaan kompetitor yang lebih layak.

5. Pelatihan dan Pembelajaran

Motivasi lain untuk menjaga top performance karyawan adalah memberikan pelatihan atau edukasi ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak sedikit perusahaan yang mengirim karyawan terbaiknya untuk studi ke luar negeri selama beberapa tahun, dan kembali ke perusahaan. Misalnya, pelatihan programmer, teknisi jaringan, ilmuwan dan sebagainya. Pelatihan ini akan memberikan karyawan motivasi dan rasa berterima kasih karena telah meningkatkan skill mereka. Imbal baliknya, karyawan akan berusaha total memberikan dedikasinya untuk perusahaan.

Nah itulah beberapa cara meningkatkan kinerja karyawan yang bisa dilakukan perusahaan di Indonesia. Tingkatkan penilaian kinerja karyawan di perusahaan Anda dengan Software Performance Management LinovHR. Hubungi tim marketing LinovHR untuk menguji coba Software Performance Management LinovHR sekarang.

Nilai Kualitas Konten