Submit Url Webmaster Baru Google Search Console

No ratings yet.

Halo sobat. Kali ini admin Namabloganda akan membagikan sebuah tips untuk cara submit url webmaster baru. Dilansir dari dashboard dari Google Webmaster Tools. Dikatakaan pada notice atau pemberitahuan langusng. Bahwa Google webmaster yang lama akan segera dipindahkan ke google webmaster yang baru didalam waktu yang dekat ini.

Google Search Console yang berfungsi sebagai pengindexan artikel di blog sudah melakukan pembaruan akhir akhir ini. Dimulai dari membuat versi beta pada google webmaster yang baru. Pada akhir bulan februari 2018 semua dashboard webmaster mendapatkan notice berupa semua data google webmaster lama akan dipindahkan (Migrasi) Ke Webmaster yang baru.

Ada beberapa mungkin teman teman sudah kebiasaan submit pada dashboard lama. Karena menurut saya memang dari segi tampilan memang mudah yang lama. Di Webmaster yang baru lebih efisien dan mungkin akan sedikit sulit untuk memahami panel panel yang baru.

Menurut saya, Sama saja ketika anda submit url webmaster baru dan webmaster lama. Tidak ada perbedaan diantara keduanya. Hanya mungkin google melakukan update atau pembaruan sedikit mengenai bug dan segi tampilan yang lebih efisien.

Google Webmaster Lama Dipindahkan Ke Google Webmaster Yang Baru

Sebuah pemberitahuan yang saya dapatkan, mungkin akan sama dengan apa yang ada pada dashboard webmaster lama kamu. Biasanya ditandai dengan seleksi merah diatas fetch as google. Seperti gambar dibawah ini.

submit url google terbaru

Disana telah diberitahukan kepada seluruh pengguna Google Webmaster Tools, Bahwa mulai 28 Maret 2019. Semuanya akan dipindahkan pada dashboard webmaster akan dipindahkan ke yang terbaru.

Tentunya pada versi yang baru akan ada pembaruan dan penyempurnaan fitur dari webmaster yang lama. Berikut akan admin praktekkan bagaimana cara untuk submit url webmaster baru.

Cara Submit Url Google Webmaster Baru

Baiklah, Saat anda sudah mempublish sebuah artikel baru di blog anda. Maka langkah selanjutnya adalah meminta pengindexan dari google. Untuk meng-crawl situs atau artikel yang anda submit.

Sebenarnya tanpa di submit pun tidak masalah asal sebelumnya kamu sudah pernah submit sitemap blog. Jadi entah itu di submit ataupun tidak. Menurut saya sama saja, Bedanya adalah untuk kita yang tidak sabaran dapat langsung meminta index dari google. Agar cepat di index artikel kita yang baru.

Untuk itu, Caranya cukup mudah sekali. Kalian dapat langsung mengunjungi google webmaster. Bisa dengan Klik disini untuk menuju link.

Dan akan tampil dashboard Google Webmaster yang terbaru seperti ini.

submit url webmaster baru

Untuk kamu yang sudah mempublish sebuah artikel di blog kamu. Silahkan Copy Url Lengkap Artikel Kamu (Utuh).

Misalnya saya mempunyai url artikel seperti ini :

https://www.namabloganda.com/download-microsoft-office-portable-2010-full-version/

Kalian Copy Url Artikel Sobat. Lalu Pastekan Kesini.

Submit Url

Masukkan Url Kalian Ke Inspeksi Url Seperti di Gambar Lengkap. Jika Sudah Maka Tekan Enter untuk melanjutkan.

Submit Url Artikel Blog

Apabila Url Masih Logo Tanda Seru Abu – Abu. Itu tandanya url artikel kamu belum terindex. Biasanya jika sudah terindex akan tercentang hijau. Untuk meminta pengindeksan secara cepat. Kalian Klik Minta Pengindeksan.

cara submit url google webmaster

Biarkan Loading Sejenak. Akan memakan waktu sedikit.

Apabila diminta Mengisi Chapta Silahkan di Isi (Verifikasi Terlebih Dahulu) Untuk Menyatakan Bahwa Kamu Bukan Robot.

Tetapi Jika Tidak diminta. Ya tidak apa – apa. Langsung akan muncul kotak dialog landing page seperti ini.

Notifikasi seperti ini, Berarti kamu sudah berhasil meminta index ditandai seperti gambar diatas.

Lalu Bagaimana Jika Gagal Meminta Pengindeksan Webmaster Tools ?

Jika terdapat kesalahan atau error apapun. Biasanya terjadi ketika kamu request url banyak artikel terlalu cepat.

Untuk Google Webmaster Baru Ini, Ada jeda durasi perartikel yang disubmit. Demi menghindari bot atau aktivitas yang tidak wajar.

Untuk jeda berapa lama itu biasanya saya submit 1 jam sekali atau 2 jam sekali. Itupun sudah terlalu cepat. Rekomendasi dari saya kamu boleh submit artikel dalam jeda waktu 6 Jam sekali.

Hindarilah spam pada dashboard Google Search Console yang baru ini.

Kesimpulan

Silahkan kalian praktekkan langsung cara diatas. Dan semua langkah – langkah yang saya tulis ini. Sebelumnya sudah saya coba dan saya lakukan pada blog ini. Semoga dapat membantu kamu yang lagi kesusahan dalam pengoperasian Google Webmaster Baru. Diharapkan semoga kalian langsung bisa submit url webmaster baru ini.

Apabila kamu memiliki kendala lain, Silahkan kita diskusikan pada kolom komentar. Sekian dan Terimakasih.

Nilai Kualitas Konten